Sudah 6 Bulan Tahanan di Mapolsek Taliabu Barat tak Dijatahi Makanan

  • Bagikan
Mapolsek Taliabu Barat, Kabupaten Pulau Taliabu. (Istimewa)

PENAMALUT.COM, TALIABU – Tahanan di Sel Mapolsek Taliabu Barat, Kabupaten Pulau Taliabu, tak mendapat jatah makanan dari Polsek sejak April 2021 lalu. Ini artinya, sudah 6 bulan para tahanan tersebut tak diberi makan oleh pihak Polsek.

Informasi yang diterima, anggaran yang sudah disiapkan dalam DIPA Polsek sudah habis.

Alhasil, setiap hari tahanan harus diantar makan oleh keluarganya.

Kapolsek Taliabu Barat, AKP Roy Berman Simangunsong mengungkapkan, jatah makan tahanan habis sejak April lalu.

“Sekarang kalau ada yang masuk sel, keluarga tahanan yang harus bawa makanan,” ujarnya saat dikonfirmasi wartawan, Senin (1/11) tadi.

Habisnya jatah makanan tahanan di Polsek Talbar ini mendapat sorotan dari Wakil Ketua Komisi II DPRD Pulau Taliabu, Muhammad Zainal Ashar.

Zainal mengatakan, anggaran tahan di setiap penegak hukum baik itu tahanan kejaksaan maupun kepolisian, harus disediakan oleh lembaga tersebut. Begitu juga di Lapas maupun Rutan.

“Kalau jatah makanan sudah habis dan mengharapkan pihak keluarga yang mengantar makan setiap hari, lalu apabila keluarga tahanan itu tidak berada di tempat, kira-kira tahanan harus makan apa? Apakah tahanan harus menahan lapar? Padahal setiap tahanan itu sudah menjadi tanggungjawab Negara,” ujarnya.

Ketua DPC PDIP Pulau Taliabu ini menuturkan, meski tahanan melebihi kapasitas di sel tahanan, tapi tahanan adalah tanggungjawab Negera. Sehingga anggaran setiap tahun harus tetap tersedia.

“Kalau alasan anggarannya sudah habis, kira-kira anggarannya dikemanakan sampai habis?,” tanya Zainal.

Untuk itu, ia minta Kapolda Maluku Utara untuk menelusuri anggaran makanan tahanan ini.

Kata dia, kapasitas tahanan di sel  Polsek Taliabu Barat tidak akan melebihi kapasitas. Sebab setiap tahanan langsung dipindahkan ke Polres Kepulauan Sula.

“Jadi kalau anggaran makan tahanan itu dibilang habis, itu tidak masuk akal,” tukasnya. (ysn/ask)

banner 1280x960
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!