Majang  

RSUD Ternate Bakal Dibangun PT. Wika, Usulan Anggaran 5 Miliar Dicoret

RSUD Kota Ternate saat ini yang menggunakan bangunan Puskesmas Kota. (Istimewa)

PENAMALUT.COM, TERNATE – Pihak RSUD Kota Ternate melalui Direkturnya, Muhammad Sagaf, belum lama ini mengungkapkan bahw akan mengusulkan anggaran 5 miliar di tahun 2022 untuk pembangunan gedung RSUD Ternate yang baru.

Namun usulan anggaran tersebut dicoret Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kota Ternate lantaran pembangunan gedung RSUD Ternate sudah ada kerja sama dengan pihak PT. Wijaya Karya (Wika).

“Gedung rumah sakit yang akan dibangun oleh PT. Wika itu merupakan kerja sama dengan Pemerintah Kota, jadi tidak ada lagi bangun rumah sakit baru yang dibangun pemerintah,” ujar Kepala Bappelitbangda Kota Ternate, Rizal Marsaoly saat ditemui wartawan, Senin (29/11).

Ia melanjutkan, saat ini tinggal menunggu pihak PT. Wika datang untuk mempresentasikan terkait rencana pembangunan gedung RSUD ini kepada DPRD Kota Ternate pada Kamis lusa.

Menurut Rizal, secara administrasi, RSUD Ternate sudah ada. Sehingga hanya dipindahkan manajemen dan operasional saja, dan gedungnya menunggu dibangub PT. Wika Indonesia. Bahkan rumah sakit yang dibangun PT. Wika ini dengan tipe B.

Untuk itu, kata Rizal, terkait apa yang disampaikan Direktur RSUD Ternate itu sudah dibatalkan.

“Lebih baik usulan anggaran 5 miliar itu digunakan kebutuhan yang lain, kalau mau bangun rumah sakit dengan anggaran hanya 5 miliar itu tidak cukup. Rumah sakit yang dibangun PT. Wika Indonesia ini saja anggarannya 30 miliar, dan anggarannya dari BUMN,” jelasnya.

Ruzal juga menyebut bangunan RSUD yang saat ini berada di kanan Polres Ternate itu bukan milik RSUD Ternate, namun Puskesmas. Sehingga itu harus bedakan.

“Didalam gedung ini hanya manajmen dan operasional saja yang berkerja disitu. Pada intinya kehadiran rumah sakit tipe B ini, pemerintah berkeinginan agar masyarakat cepat dapat pelayanan kesehatan lebih baik lagi. Jadi tidak perlu ke Manado maupun ke Makassar, cukup disini saja (RSUD Ternate),” terangnya. (udi/ask)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.