DAERAH  

Keluhan Warga Tobelo Soal Donasi dan Uang Kembalian Dalam Bentuk Barang Ditindaklanjuti

Salah sati gerai Alfamidi di Kota Tobelo. (Chido/NMG)

PENAMALUT.COM, TOBELO – Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (perindag) melukan sidak ke sejumlah toko gerai Alfamidi dan Indomaret yang beroperasi di wilah Kota Tobelo, Rabu (22/12) tadi.

Sidak yang dipimpin langsung Bupati Halut, Frans Manery itu terkait keluhan masyarakat soal donasi dari Alfamidi dan Indomaret. Begitu juga terkait uang kembalian yang dikembalikan dalam bentuk barang yang hampir dilakukan di semua toko.

“Kita lihat soal donasi dari Alfamidi dan Indomaret yang sudah tersistem pada manajemen mereka dalam proses penjualan. Sidak yang kita lakukan ini karena Pak Bupati ingin memastikan laporan masyarakat itu benar atau tidak, soal sisa uang kembali yang biasanya daribpihak toko atau gerai mengembalikan dalam bentuk barang, baik itu permen dan sebagainya. Begitu juga donasi, ini juga dikeluhkan,” ujar Kepala Disperindag Halut, Nyoter Koenoe

Nyoter mengungkapak bahwa pengakuan dari pihak manajemen, bahwa pemotong (donasi) itu nantinya diserahkan ke pihak Baznas atau yayasan mereka untuk bantuan-bantuan kemanusiaan.

Untuk itu, dalam waktu dekat Pemkab Halut akan memanggil seluruh manajemen untuk memastikan pemotong uang yang didonasikan kemana saja, dan diperuntukan untuk apa saja.

“Kalau di wilayah Halut kenapa tidak disumbangkan ke Halut saja, tetapi harus disumbangkan keluar. Ini yang nanti kita pertanyakan,” katanya.

Pihaknya juga sudah membuat suarat edaran dan akan menempel pada setiap toko agar uang kembali para pembeli jangan digantikan dengan barang lainnya seperti permen.

“Kita mohon itu jangan lagi dilakukan,” pintanya. (fnc/ask)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.