Bidang SDA PUPR Malut Optimis Pekerjaan Capai Target

Kabid SDA Dinas PUPR Malut, Saiful Amin. (Karno/NMG)

PENAMALUT.COM, SOFIFI – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Maluku Utara melalui Bidang Sumber Daya Air (SDA) menargetkan progres kegiatan  melalui DAK 2022 mencapai target pada akhir tahun nanti.

“Kegiatan di SDA sendiri untuk DAK sudah berjalan dan progres di lapangan bersama keuangan sudah berjalan 100 persen, namun ada yang masih 50 persen. Sehingga dapat ditargetkan Desember progres pekerjaan sudah bisa selesai,” kata Kepala Bidang SDA PUPR Malut, Saiful Amin kepada Nuansa Media Grup saat ditemui, Selasa (23/8).

Menurutnya, yang menjadi kendala saat ini yakni di APBD, khususnya pada di SPD (surat penyedia dana). Meskipun surat perintah membayar (SPM) sudah dilaksanakan sesuai mekanisme.

Untuk surat perintah lelang dan lain sebagainya, pihaknya sudah melaksanakan sesuai dengan mekanisme. Begitu juga dengan SPM yang sementara lagi menunggu SPD dari keuangan.

“Apakah kita sharing dana atau bagaimana, kita masih tunggu SPD-nya,” ujarnya.

Sementara untuk DAU, beberapa hari  lalu ada kurang lebih lima program yang diluncurkan. Namun diperhambat dengan proses pelelangan di ULP.

Ia berharap kegiatan-kegiatan yang belum terkontrak bisa diselesaikan di bulan September. Sebab jika sudah memasuki Oktober, tentunya tidak bisa jalan.

“Jadi kami berharap ULP mempercepat pelelangan, agar kita sebagai tim teknis dalam melaksanakan kegiatan itu tidak terburu-buru dengan waktuyang tersisa kurang lebih tiga bulan. Apalagi semua pekerjaan di perairan yang mana pekerjaan penanganan pantai dan sungai yang tersebar di Morotai dan Halsel. Tapi ada beberapa yang suda jalan kurang lebih 10 kegiatan, seperti di Kelurahan Sasa, Kota Ternate, dan Sidangoli Halbar,” jelasnya. (ano/ask/adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.