Di Halmahera Utara, Pendaftaran Panwascam di Tiga Kecamatan Kemungkinan Diperpanjang

Suasana pendaftaran Panwascam yang berlangsung di Sekretariat Bawaslu Halmahera Utara. (Humas Bawaslu Halut)

PENAMALUT.COM, TOBELO – Pendaftaran panitia pengawas pemilihan umum (Panwaslu) tingkat kecamatan di Kabupaten Halmahera Utara kemungkinan diperpanjang pada tiga kecamatan. Ini karena tiga kecamatan ini pesertanya tidak memenuhi dua kali kebutuhan.

Ketua Bawaslu Halut, Rafli Kamaludin saat di konfirmasi wartawan Nuansa Media Grup (NMG) mengatakan, jumlah pendaftar Panwascam sampai hari terakhir ini sebanyak 218 yang tersebar di 17 kecamatan dalam wilayah Halut.

Di mana Kecamatan Galela terdapat 22 peserta (laki-laki 15 dan perempuan 7), Kecamatan Galela Barat sebanyak 12 peserta (laki-laki 9 dan perempuan 3), Galela Selatan sebanyak 15 orang (laki-laki 13 dan perempuan 2), Galela Utara 3 orang (laki-laki 1 perempuan 2), Kecamatan Kao sebanyak 9 orang (laki-laki 6 perempuan 3), Kao Barat terdapat 20 orang (laki-laki 16 dan perempuan 4), Kao Teluk 13 orang (laki-laki 9 dan perempuan 4), Kao Utara 13 orang (laki-laki 10 dan perempuan 3), Loloda Kepulauan 11 orang (laki-laki 10 dan perempuan 1).

Sementara Loloda Utara 11 orang (laki-laki 11 perempuan 0), Kecamatan Malifut 17 orang (laki-laki 13 dan perempuan 4), Kecamatan Tobelo 12 orang (laki-laki 8 dan perempuan 4), Tobelo Barat 9 orang (laki-laki 7 dan perempuan 2), Tobelo Selatan 9 orang (laki-laki 5 dan perempuan 4), Tobelo Tengah 13 orang (laki-laki 7 dan perempuan 6), Tobelo Timur 9 orang (laki-laki 5 dan perempuan 4), Tobelo Utara 10 orang (laki-laki 8 dan perempuan 2).

”Kemungkinan perpanjang pendaftaran dilakukan di tiga kecamatan, yakni Tobelo Utara, Loloda Kepualauan dan Loloda Utara. Perpanjang ini karena  belum terpenuhinya kuota 30 persen keterwakilan perempuan. Untuk resminya akan disampaikan besok,” jelasnya.

”Jika memang ada perempuan yang daftar dua orang, tetapi satu orang tidak memenuhi syarat setelah pemeriksaan berkas, maka kecamatan tersebut tetap diperpanjang,” pungkasnya. (fnc/ask)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *