DAERAH  

Rencana Kunjungan Presiden ke Maluku Utara, Peluang atau Ancaman ?

Ketua Biro Pemuda Wayoli Maluku Utara, Marianto Mayau. (Istimewa)

PENAMALUT.COM, TERNATE – Ketua Biro Pemuda Wayoli Maluku Utara, Marianto Mayau, mengklaim kehadiran Presiden Joko Widodo ke Maluku Utara menjadi kekhawatiran, kegetiran dan nestapa bagi rakyat.

Pasalnya, Maluku Utara yang dikenal sebagai daerah penghasil rempah-rempah seperti pala, cengkih, coklat dan kelapa, telah “disulap” menjadi kawasan industri pertambangan.

“Tujuan utama kunjungan Presiden sebenarnya bukan untuk pembagian BLT atau pembagian sembako dan meninjau progres pembangunan di Malut secara kolektif, tetapi lebih mengerucut pada proses peninjauan PSN Smelter PT. Antam,” ujar Marianto kepada Nuansa Media Grup (NMG), Selasa (27/9).

Menurutnya, pembagian BLT dan sembako disaat maraknya kenaikan harga BBM tidak memiliki dampak yang signifikan. Ia lantas menyarankan agar orang nomor satu di Indonesia ini menurunkan harga BBM dan menaikkan harga kopra.

“Pembagian BLT dan sembako ini hanya pengalihan fokus warga Malut, tetapi sebenarnya penyambungan yang menjadi target utama pemerintah,” katanya.

Ia bilang, kehadiran Presiden lebih urgen bila berupaya membasmi mafia migas, menyelesaikan persoalan-persoalan agraria dan menyelamatkan hak ulayat masyarakat adat di Maluku Utara yang dieksploitasi habis oleh investor asing. Dengan begitu, Malut tidak terancam bencana alam, setelah pertambangan angkat kaki dari bumi Moloku Kie Raha.

Ia juga menegaskan bahwa keistimewaan pala, cengkih, coklat dan kelapa di Maluku Utara tidak bisa ditukar dengan investasi asing yang monopoli dan korup.

“Rakyat Maluku Utara hidup ratusan tahun dari penghasilan rempah-rempah, bukan dari hasil pertambangan emas, nikel, batu bara, pasir besi dan lainnya,” pungkasnya. (tan)

Respon (12)

  1. Ping-balik: ufabtb
  2. Ping-balik: dewajitu
  3. Ping-balik: aksara178
  4. Hello there, just became aware of your blog through Google,
    and found that it is really informative. I am gonna watch out
    for brussels. I’ll be grateful if you continue this in future.

    Lots of people will be benefited from your writing. Cheers!

  5. Whats up very nice blog!! Man .. Beautiful .. Amazing .. I will bookmark your site and take the feeds also?KI’m glad to find a lot of helpful information right here within the post, we want develop extra techniques in this regard, thanks for sharing. . . . . .

Komentar ditutup.