Hebat, SMP IT Albina Ternate Lolos Kompetisi Karya Ilmiah AYRIS 2022

Tim Riset SMP IT Albina Ternate yang lolos kompetisi karya ilmiah AYRIS 2022. (Istimewa)

PENAMALUT.COM, TERNATE – Karya dan prestasi gemilang siswa-siswi SMP IT Albina Kota Ternate patut diacungi jempol.

Pasalnya, dari pengumuman hasil seleksi abstrak karya ilmiah Asean Youth Research Innovation Summit (AYRIS) tahun 2022, SMP IT Albina Kota Ternate lolos pada urutan ke 84 dari 100 karya ilmiah perwakilan SMP/Sederajat di seluruh Indonesia.

Para siswa SMP IT Albina yang didapuk untuk menjadi tim riset adalah Arini Pratiwi Bahruddin, R. Bimasakti Poncopawiro S, dan Muhammad Alfi Syahrin Ammarie.

Kelulusan ini berdasarkan hasil penilaian abstrak karya ilmiah AYRIS oleh dewan juri yang diselenggarakan oleh Transformasi Milenia Indonesia (TMI) tahun 2022.

Kepala SMP IT Albina Kota Ternate, Ahmadyani Lewer, mengucapkan rasa syukur karena SMP IT Albina Kota Ternate berada pada posisi 84 dari 100 karya yang lolos.

Menurutnya, sebagai pimpinan sekolah, ia mengapresiasi capaian para siswa dalam ajang AYRIS yang dilakukan oleh Transformasi Milenia Indonesia tahun 2022 ini.

“Kami berharap mereka para siswa terus mengasah kemampuan risetnya untuk kemudian menjadi bekal mereka pada riset yang lebih besar lagi. Karena dengan begitu, akan ada banyak karya dan inovasi yang dilakukan oleh mereka,” ujarnya kepada Nuansa Media Grup (NMG), Selasa (4/10).

Sementara, Nurbani Jusuf, selaku guru pembimbing mengaku bahwa persiapan untuk mengikuti lomba tersebut di mulai sejak Agustus.

Melalui ajang ini, kata dia, pihaknya mengusung tema “Analisis Zat Pewarna RhodaminB pada Saus di Jajanan yang Beredar di Kota Ternate”.

“Karena kita melihat banyaknya penggunaan saus berwarna pada jajanan yang beredar di Kota Ternate, maka hal ini memicu rasa penasaran untuk diteliti, apakah mengandung zat aditif yang berbahaya seperti RhodaminB atau tidak,” tuturnya.

Sehingga itu, ia berharap dengan mengikuti lomba ini, siswa-siswi dapat melatih kemampuan menulis karya tulis ilmiah, dan juga dapat meningkatkan kemampuan literasi sains, khususnya penggunaan zat aditif yang berbahaya pada makanan.

Di kesempatan yang sama, Kesiswaan SMP IT Albina Kota Ternate, Fatma Kaufua, menambahkan hasil penilaian abstrak karya ilmiah ini tentu menjadi prestasi yang luar biasa.

“Semua ini tidak lepas dari kerja keras tim riset siswa kami dan pembimbingnya. Selain itu, ini juga merupakan dukungan dari Kepala Sekolah dan semua dewan guru di SMP IT Albina Kota Ternate,” katanya.

“Alhamdulillah, luar biasa. Saya merasa bangga kepada tim riset yang menorehkan hasil gemilang dan lolos semifinal di ajang AYRIS 2022 ini. Semoga tim riset kami lolos terus hingga meraih juaranya,” harapnya mengakhiri. (tan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *