DAERAH  

Bupati dan Ketua Tim PKK Halbar Dikukuhkan Jadi Duta Orang Tua Hebat

Bupati dan Ketua Tim PKK Halmahera Barat saat dikukuhkan menadi Duta Orang Tua Hebat. (Istimewa)

PENAMALUT.COM, JAILOLO – Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) RI, Hasto Wardoyo, secara daring mengukuhkan Bupati dan Ketua Tim Pengerak PKK Halmahera Barat sebagai Duta Orang Tua Hebat, Senin (17/10).

Dalam sambutannya, Kepala BKKBN RI, Hasto Wardoyo, menyampaikan bahwa audit kasus stunting sesi kelima ini sangat penting. Hasto juga berterima kasih kepada Bupati dan Ketua Tim Penggerak PKK atas terselenggaranya kegiatan tersebut.

Menurut Hasto, Bupati dan Ketua Tim Penggerak PKK adalah salah satu contoh teladan sebagai orang tua hebat dan nantinya akan sangat berperan penting di dalam kegiatan terkait pembina keluarga balita, pengasuhan, penurunan percepatan angka stunting, penurunan angka kematian ibu dan bayi.

“Saya kira, hal ini yang menjadi sangat berarti ketika Bupati dan Ibu berkenan langsung sebagai teladan menjadi orang tua hebat, dan kiranya ini menjadi contoh kepada para Bupati, Wali Kota dan Kepala Daerah di tempat lain,” ucapnya.

Kualitas SDM dengan indikator stunting, kata dia, memang sangat penting, karena kedepannya akan menghadapi Indonesia emas tahun 2045, sehingga itu harus mempersiapkan diri dengan kualitas yang unggul.

“Jadi ada indeks namanya human capital index, di mana mencerminkan bagaimana kecerdasan kemampuan intelektual bangsa kita, mencerminkan kemampuan intelektual skil dan menunjukan kemampuan dalam berpikir serta kemampuan dalam mengerjakan hal-hal teknis,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Halbar, James Uang, mengatakan bahwa di Halmahera Barat,.stunting masih menjadi masalah serius yang menjadi perhatian pihaknya untuk berupaya secara maksimal dalam penanganannya sebagai bentuk implementasi pilar pertama percepatan penurunan stunting, yaitu komitmen dan visi kepemimt nasional dan daerah.

James menjelaskan bahwa, terhitung hingga Oktober 2022, kelompok kegiatan Bina Keluarga Balita (BKB) di Halmahera Barat telah terbentuk sebanyak 44 kelompok. Di mana, dari 169 desa, kini sudah tersebar di 44 desa.

“Jadi pada kesempatan ini, dengan dinobatkannya kami Bupati dan Ketua Tim Penggerak PKK sebagai duta orang tua hebat, melalui pernyataan komitmen yang telah kami sampaikan tadi, kami akan bergerak secara cepat dan tepat sebagai orang tua untuk Halbar hebat dalam melakukan tugas dan peran kami,” terangnya.

Lanjutnya, James akan mengeluarkan Peraturan Bupati (Perbup) tentang percepatan pembentukan kelompok kegiatan BKB di Halmahera Barat dan seluruh camat dan kepala desa untuk mengimplementasikan kelompok BKB di wilayah kerja masing-masing, sekaligus
membentuk kelompok kerja untuk mendukung pelaksanaan BKB tentang pengasuhan 1000 hari pertama kehidupan, serta menjamin terlaksananya poin-poin komitmen.

Di antar administrasi kependudukan anak dan kepemilikan jaminan kesehatan oleh Dinas Dukcapil, Bidang yankes Dinkes P2KB, BP, dan pengasuhan/parenting bersama oleh organisasi profesi, pemantauan pertumbuhan dan perkembangan anak oleh Dinkes melalui Posyandu, pembentukan karakter anak oleh Dinas Pendidikan dan DP3A, promotif dan preventif pemeliharaan kesehatan, gizi, perlindungan anak oleh Dinkes dan DP3A dan rujukan konseling/perawatan/bantuan sosial oleh Dinkes dan Dinsos.

“Jadi kami menargetkan pada tahun 2023 telah terbentuk 100 persen kelompok kegiatan bina keluarga balita (BKB) yang aktif dilaksanakan secara rutin di seluruh desa sebagai salah satu bentuk upaya kami dalam menyelesaikan permasalahan stunting di Halmahera Barat. Kami juga akan memonitoring langsung seluruh pelaksanaan kegiatan ini sebagai bentuk keseriusan kami dalam melaksanakan tugas sebagai Duta Orang Tua Hebat,” tandasnya. (uum/tan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *