Menunggu Gebrakan Irjen Midi Siswoko Tuntaskan Tunggakan Kasus Besar di Polda Malut

Kapolda Maluku Utara, Irjen Pol Midi Siswoko. (Istimewa)

PENAMALUT.COM, TERNATE – Serah terima jabatan (Sertijab) Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Maluku Utara dari Irjen Pol Risyapudin Nursin ke Irjen Pol Midi Siswoko telah dilaksanakan pada Selasa (18/10) tadi. Sertijab itu dipimpin langsung Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bertempat di Mabes Polri.

Dengan demikian, Irjen Pol Midi Siswoko yang sebelumnya bertugas di Baintelkam penempatan pada Badan Intelijen Negara (BIN) itu resmi memegang tongkat komando Polda Malut.

Ada pekerjaan besar menanti sang jenderal bintang dua itu. Di mana saat ini masih terdapat sejumlah kasus besar yang belum dituntaskan Kapolda Malut sebelumnya.

Kasus tersebut diantaranya dugaan korupsi Dana Desa Kabupaten Pulau Taliabu yang ditangani sejak tahun 2017 lalu, dan saat ini sudah ada penetapan tersangka namun belum dilakukan penahanan. Kasus itu sampai saat ini berkasnya belum rampung. Sudah beberapa kali bolak-balik dari Kejaksaan ke penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus), namun tak kunjung lengkap.

Selain itu, ada kasus dugaan korupsi di Dispora Malut yang saat ini masih dalam penyelidikan. Kemudian ada kasus dugaan gratifikasi dan tindak pidana pencucian uang (TPPU) yang melibatkan oknum auditor BPK. Kasus ini sudah ditingkatkan ke tahap penyidikan, namun belum ada penetapan tersangka.

Selanjutnya ada kasus proyek pembangunan Talud Kalumata yang saat ini sedang ditangani, dan dugaan korupsi uang makan minum Bupati dan Wakil Bupati Halmahera Selatan.

Selain kasus-kasus dugaan korupsi yang belum tuntaskan itu, masih ada kasus-kasus lain seperti dugaan pelanggaran anggota kepolisian yang saat ini sedang ditangani bidang Propam.

Publik Maluku Utara menanti dan berharap Kapolda Irjen Pol Midi Siswoko bisa menuntaskan kasus-kasus tersebut. (gon/ask)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *