DAERAH  

ODGJ yang Dibantu Tim HRP KesMas Telah Berperilaku Normal

ODGJ (kaos merah) yang kini sudah berperilaku normal.

PENAMALUT.COM, TOBELO – Kabar gembira datang dari Tim Haji Robert Peduli Kesehatan Masyarakat (HRP KesMas) Maluku Utara. Pasalnya, Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ)  asal Tidore Kepulauan yang pernah dibantu perawatan di Rumah Sakit Jiwa Sofifi, saat ini telah pulang ke rumahnya dan sudah berperilaku normal.

Koordinator Tim HRP KesMas Maluku Utara, Munir Radjabessy, mengatakan dari pantauan yang mereka lakukan, benar terlihat adanya perubahan yang sangat bagus dari yang bersangkutan.

“Kalau dulu dianggap mengganggu masyarakat, saat ini sudah mengurus dirinya sendiri, tahu pentingnya berpakaian bagus dan bersih,” kata Munir, Senin (6/3).

Pasian ODGJ tersebut, dievakuasi oleh Tim HRP KesMas Malut pada Agustus 2022 dari rumahnya di Tidore ke Rumah Sakit Jiwa Sofifi setelah berkoordinasi dengan pihak keluarga dan rumah sakit. Lalu, Tim HRP KesMas membantu dan memantau perkembangannya saat dirawat.

Tim dokter RS Jiwa tersebut kemudian menyatakan yang bersangkutan sudah bisa keluar rumah sakit karena perkembangannya sudah bagus, dan akhirnya bisa pulang ke rumah.

“Ini adalah hal yang sangat menggembirakan bagi kami jika mendengar orang sakit yang kami bantu mengalami perkembangan yang bagus, bahkan bisa sehat dan bisa pulang ke rumahnya,” tuturnya.

Munir menjelaskan, membantu orang sakit adalah sebuah program yang diinisiasi oleh Presiden Direktur PT Nusa Halmahera Minerals (NHM). Di mana Tim HRP KesMas yang dibentuk mencari informasi tentang warga di lingkar tambang PT NHM dan wilayah lain di Maluku Utara yang mengalami sakit parah dan tidak memiliki akses pelayanan kesehatan.

“Banyak warga yang telah dibantu, di antaranya mereka yang selama ini hanya terbaring di rumahnya di desa-desa di pedalaman karena tidak memiliki kemampuan untuk berobat,” ujarnya.

“Ada yang dirawat di Rumah Sakit di Kota Tobelo, Kabupaten Halmahera Utara, kabupaten di mana

PT NHM mengelola tambang emas Gosowong maupun di rumah sakit di Kota Ternate. Bahkan tidak sedikit dari orang yang sakit tersebut dievakuasi ke Kota Manado dan Jakarta karena harus mendapatkan perawatan lebih serius,” tambahnya. (fnc/tan)

Respon (8)

  1. Thanks for one’s marvelous posting! I definitely enjoyed reading it, you will be a great author.I will make certain to bookmark your blog and will eventually come back someday. I want to encourage you continue your great work, have a nice holiday weekend!

  2. Hi there this is somewhat of off topic but I was wondering if blogs use WYSIWYG editors or if you have to manually code with HTML. I’m starting a blog soon but have no coding knowledge so I wanted to get guidance from someone with experience. Any help would be greatly appreciated!

  3. Please let me know if you’re looking for a writer for your site.
    You have some really great articles and I think
    I would be a good asset. If you ever want to take some of the load off,
    I’d really like to write some articles for your blog in exchange for a link back to mine.

    Please send me an email if interested. Regards!

  4. Hiya, I am really glad I have found this info. Today bloggers publish only about gossips and net and this is really annoying. A good site with interesting content, that’s what I need. Thanks for keeping this website, I will be visiting it. Do you do newsletters? Can’t find it.

Komentar ditutup.