DAERAH  

Anggota ERT NHM Ikut Jambore Nasional Potensi SAR 2023 di Jakarta

Kegiatan Jambore Nasional.

PENAMALUT.COM, TOBELO – Kegiatan Jambore Nasional Potensi Pencarian dan Pertolongan (Search and Rescue/SAR) tahun 2023 yang diselenggarakan di Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta pada 26-30 November 2023 oleh Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) mengumpulkan berbagai personel Potensi SAR di tanah air, termasuk perwakilan dari tim Potensi SAR Maluku Utara (Malut).

Melalui Basarnas Ternate, peserta Potensi SAR Malut yang beranggotakan 10 orang, dua di antaranya merupakan anggota Emergency Response Team (ERT) NHM, yakni Lasarus Dein Ngato dan Fans Daniel Ambeua, berpartisipasi aktif pada ajang tersebut.

Acara tersebut menjadi salah satu wadah untuk memperkaya pengetahuan dan keterampilan terkait tanggap darurat kebencanaan, serta memperkuat hubungan silaturahmi antara Basarnas, Potensi SAR, dan Potensi SAR lainnya di seluruh wilayah Indonesia, yang berperan penting dalam mempersiapkan para penyelamat untuk bersinergi dalam menghadapi situasi darurat dan penanganan korban bencana yang mungkin berpotensi terjadi.

Coordinator ERT Support, Iwan Sutan Panduko menyampaikan, atas dukungan dari KTT NHM, kedua personel dari NHM dikirimkan untuk berpartisipasi pada kegiatan Jambore Potensi SAR Nasional dan bergabung dengan peserta Malut lainnya dari instansi dan perusahaan pertambangan di Maluku Utara.

“Sebelum keberangkatan selama seminggu di Ternate, mereka dibekali pelatihan teknis SAR sesuai dengan mata lomba yang diberikan pada Jambore Potensi SAR Nasional,” ungkapnya.

Fans Daniel, salah satu Anggota ERT, mengapresiasi perusahaan dan penyelenggara atas kesempatan dapat berpartisipasi dalam agenda ini, karena pihaknya mendapat dukungan Manajemen NHM dan para penyelenggara atas kesempatan ini.

“Sebagai utusan langsung dari Gosowong, tentunya banyak pelajaran dan pengalaman yang didapatkan serta relasi teman baru dari berbagai daerah dan instansi untuk dapat berkolaborasi pada agenda in,” pungkasnya. (fnc)

Respon (2)

Komentar ditutup.