Penguatan Ideologi dan Strategi, PWM Malut Gelar Baitul Arqam dan Pelatihan Instruktur

foto bersama di sela-sela kegaiatan Baitul Arqam

PENAMALUT.COM, TERNATE – Majelis Pendidikan Kader Sumber Daya Insani (MPKSDI) Persyarikatan Muhammadiyah (PWM) Maluku Utara menggelar Baitul Arqam dan Pelatihan Instruktur Wilayah.

Kegiatan ini menghadirkan instruktur MPKSDI Pimpinan Pusat Muhammadiyah secara Hibrid. Mereka adalah Moch. Irfan Islami, Saiful Kaharudin, Drs. Mohammad Saleh Tjan, Islamiyaturrohmah, dan Bachtiar Dwi Kurniawan (Ketua MPKSDI PP Muhammadiyah).

Lima instruktur ini akan memandu dan mengarahkan kegiatan yang dimulai sejak tanggal 27 hingga 31 Desember 2023 itu.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengintensifkan ideologi ortom dan AUM serta mewariskan nilai-nilai Muhammadiyah.

Sebanyak 77 peserta yang ikut dalam kegiatan ini. Terdiri dari Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA), Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM), Pengurus Wilayah Aisyiyah (PWA), Pengurus Wilayah Muhammadiyah (PWM) dan Pimpinan UMMU (Ketua Lembaga, Dekan dan Kaprodi).

Acara ini menampilkan serangkaian kegiatan yang menginspirasi, informatif, dan membentuk sikap serta wawasan baru bagi peserta.

Rektor Universitas Muhammadiyah Maluku Utara (UMMU), Prof. Saiful Deni menegaskan pentingnya pengkaderan sebagai budaya organisasi yang harus dijaga dalam Muhammadiyah.

Sementara Ketua MPKSDI PWM Maluku Utara menyoroti pentingnya penguatan pengkaderan dan instruktur yang handal di kawasan Timur Indonesia.

Dalam sambutan Ketua MPKSDI Pimpinan Pusat Muhammadiyah menjelaskan tentang pelatihan instruktur ini dianggap sebagai langkah awal bergerak maju mendahului bagian Jawa, Sumatera dan Kalimantan.

Papua dan Maluku Utara adalah wujud untuk memajukan Muhammadiyah dan Aisyiyah di wilayah timur serta mewujudkan masyarakat Islam yang lebih baik dan Islam yang sebenar-benarnya. Acara ini juga diharapkan dapat menjadi momentum untuk bersinergi dalam pertumbuhan dan kemajuan Persyarikatan Muhammadiyah di wilayah timur tersebut.

Acara ini tidak akan terlaksana tanpa dukungan dari semua pihak. Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Rektor UMMU Saiful Deni yang telah membawa kemajuan bagi Muhammadiyah di Maluku Utara semoga menjadi jihad di Jalan Allah. (ask)