DAERAH  

Jelang Pilkada, Wali Kota Ternate Naikkan Gaji PTT

M. Tauhid Soleman

PENAMALUT.COM, TERNATE – Wali Kota Ternate berencana menaikkan gaji pegawai tidak tetap (PTT) pada awal tahun 2024 ini. Masing PTT naik gaji masing-masing sebesar Rp 250 ribu. Gaji PTT ijazah SMA yang sebelumnya Rp 900 ribu, naik menjadi Rp 1. 150. 000. Sedangkan untuk ijazah S1 naik menjadi Rp 1.350. 000. Ini disampaikan Kepala BKPSMD Kota Ternate, Samin Marsaoly pada Nuansa Media Grup (NMG), Senin (8/1). 

“Ini berlaku juga untuk PTT tahun ini yang lulus lewat jalur Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Sedangkan untuk PTT tahun 2023 tidak pergantian, kecuali sudah tidak aktif. Kita pengangkatan PPPK untuk mengurangi tenaga PTT. Jadi kebijakan Wali Kota menaikkan gaji ini tidak ada hubungannya dengan urusan politik. Karena memang sudah 8 tahun gaji mereka tidak naik,” jelasnya. 

Menurut Samin, kebijakan kenaikan gaji PTT ini dalam rangka memotivasi para honorer tersebut untuk lebih giat lagi menjalankan tugas. Termasuk juga karena daya beli di Kota Ternate makin tinggi. Sementara terkait penerimaan  dan kuota ASN, kata Samin, pihaknya tetap berpatokan pada aturan pemerintah pusat. “Dan kita sudah mengadakan rapat seluruh OPD untuk memutuskan jumlah ASN yang akan kita usulkan ke pemerintah pusat. Yang kita hitung saat ini termasuk menyangkut kemampuan APBD untuk membayar gaji ASN dan formasi apa saja yang akan kami terima,”pungkasya. (udi/rii)