DAERAH  

Dinas Pendidikan Halmahera Selatan Luncurkan Program PSBN

Kadis Pendidikan Halsel, Siti Khotijah, saat diwawancarai sejumlah wartawan. (Amrul/NMG)

PENAMALUT.COM, LABUHA -​ Dinas Pendidikan Kabupaten Halmahera Selatan me-launching program pembinaan siswa berbasis nilai (PSBN).

Kegiatan tersebut dihadiri Bupati Bassam Kasuba, Sekda Safiun Radjulan, Dandim 1509 Labuha, Kepala Kanmenag Halsel La Sengka Ladadu, serta Kepala SD dan SMP se-Halsel.

“Pengadaan program PSBN ini dasarnya adalah kami merasa prihatin dengan kondisi sosial, kondisi moral terhadap anak-anak sekolah baik TK, SD, SMP, bahkan sampai SMA,” ujar Kadis Pendidikan Halsel, Siti Khotijah kepada wartawan, Kamis (29/2).

Menurutnya, dari kondisi sosial seperti moral anak-anak, permasalahan lainnya adalah menikah di usia dini, dimana hal itu terjadi kepada siswa/siswi yang masih berada di bangkuk pendidikan.

Ia menyebut, berdasarkan data yang diperoleh di beberapa instansi terkait, pernikahan di usia dini mengalami kenaikan.

“Data yang saya ambil kemarin baik dari nasional sampai kabupaten hari ini dari DP3KB dengan 28 kasus, dari Dinsos 18 kasus anak berhadapan dengan hukum di akhir-akhir tahun 2023, kemudian data pernikahan anak usia dini dari data Kemenag Halsel,” kata dia.

Selain kasus-kasus tersebut, ia mengatakan kasus bullyan juga mengalami kenaikan dan marak terjadi di sekolah. Sehingga, menurutnya, penerapan program PSBN merupakan program yang strategis dilakukan di setiap sekolah.

“Karena itu program PSBN ini kami jadikan salah satu projek pendidikan agen of change untuk bagimana orang-orang yang berada di dalam lingkup pendidikan ini mereka memiliki semangat yang sama, keinginan yang sama untuk bisa mendidik anak-anaknya menjadi anak-anak yang berakhlak,” tandasnya. (rul/tan)