MTQ Tingkat Kabupaten Halbar Digelar Besok

0
Sekretaris Daerah Halmahera Barat, Syahril Abduradjak, saat konferensi pers persiapan MTQ Halbar yang akan digelar tanggal 24-29 Juni 2020.

PENA – Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-XXVIII tingkat Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) akan digelar mulai tanggal 24-29 Juni 2020. Ajang dua tahunan yang awalnya direncanakan pada bulan Maret tersebut harus tertunda karena Pandemi Covid-19.

Sekretaris Daerah Halbar Syahril Abduradjak, Selasa (23/6), mengatakan bahwa lokasi pembukaan dan lomba MTQ yang sebelumnya direncanakan di Lapangan Sepakbola Desa Talaga, Kecamatan Ibu Selatan, dialihkan ke Kecamatan Jailolo dan dipusatkan di Villa Gaba dan Sekretariat LPTQ.

“Jadi, besok tetap digelar. Tapi karena status bencana non alam berupa mewabahnya Covid-19 belum dicabut, maka setiap kegiatan digelar dengan mengedepankan protokol kesehatan. Itu juga anjuran dari Polda Malut melalui Polres Halbar kepada kami,” jelas Syahril.

Syahril yang juga Ketua LPTQ Halbar ini mengemukakan, seluruh pelaksanaannya baik seremoni pembukaan maupun jalannya lomba, pihak yang terkait diminta mentaati pedoman protokol kesehatan yang sudah ditetapkan pemerintah.

“Untuk menghindari kerumunan, sebagai wujud menjalankan protokol kesehatan, panitia MTQ akan membatasi jumlah undangan dalam pembukaan nanti,” tambahnya.

Tak hanya itu, bahkan untuk pawai ta’aruf +perkenalan) kafilah atau peserta MTQ yang menjadi agenda rutin di setiap momen dua tahun ini pun ditiadakan.

Mantan Kadis Keuangan ini menambahkan, untuk pengunjung, pendamping peserta dan peserta akan tetap dilakukan pengecekan suhu menggunakan thermal scanner yang dipandu langsung oleh jajaran Polres Halbar dan petugas tenaga kesehatan.

“Untuk Jenis lomba yakni ada sepuluh, tilawah anak, tilawah remaja, tilawah dewasa, tartil putra, tartil putri, tahfiz putra, tahfiz putri, sarhil Quran, fahmil Quran, dan khatil Quran,” jelasnya.

Syahril berharap, melalui MTQ ini, dapat mewujudkan nilai-nilai universal Alquran dalam kehidupan masyarakat Halbar yang rukun, aman, damai dan bermartabat.

“Itulah tema yang kita angkat pada MTQ tahun ini, yang besok digelar dan dibuka oleh Bupati Halbar Bapak Danny Missy,” tutup Syahril. (mi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here