Dengan Protokol Kesehatan, Danny Missy Buka MTQ ke-28 Halbar

0
Bupati Halbar, Danny Missy, mengukuhkan dewan hakim (juri) MTQ ke-28 Halbar, Rabu (24/6).

PENA – Bupati Halmahera Barat (Halbar), Danny Missy, membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-28 Kabupaten Halbar, Rabu (24/6) di Villa Gaba Desa Guaemaadu Kecamatan Jailolo.

Kegiatan yang berlangsung selama enam hari kedepan hingga 29 Juni ini, berlangsung khidmat dan meriah dengan mengedepankan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.

MTQ ini memperlombakan sejumlah cabang yakni, tilawah anak, tilawah remaja, tilawah dewasa, tartil putra, tartil putri, tahfiz putra, tahfiz putri, sarhil Quran, fahmil Quran, dab khatil quran.

Dari pantauan Penamalut, turut hadir dalam kegiatan Ketua DPRD Halbar, Sekda Halbar yang juga Ketua LPTQ, Kepala Kantor Kemenag Halbar, Unsur Forkopimda, Ketua MUI Halbar, Camat Se-Kabupaten Halbar serta para tokoh agama.

Kepala Kantor Kemenag Halbar Hisbullah Thahir, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan MTQ ini bukan hanya sekedar ajang perlombaan untuk meraih juara di masing-masing cabang dan golongan serta juara umum. Tetapi kegiatan ini diharapkan dapat mendorong masyarakat dan keluarga Muslim di Kabupaten Halbar untuk lebih gemar membaca, menghafal, mempelajari dan memahami serta mengamalkan isi kandungan Alquran.

“Kesuksesan MTQ ke 28 tingkat Kabupaten Halbar akan terasa lebih bermakna jika momentum syiar Islam ini ikut mempengaruhi perilaku kita terhadap Alquran sebagai pedoman hidup kita,” ujar Hisbullah.

Sedangkan Ketua LPTQ Halbar, Syahril Abd Radjak dalam sambutannya menuturkan, perlombaan MTQ ke-28 kali ini sangat berbeda dengan MTQ sebelumnya. Sebab, MTQ kali ini dengan kondisi Covid-19, sehingga dilaksanakan dengan cara membatasi peserta yang datang di arena MTQ.

Syahril bilang, seluruh peserta MTQ adalah putera-puteri Halbar, yang merupakan hasil musyawarah yang disepakati bersama, sehingga tidak ada toteransi bagi kafilah (peserta) kecamatan memakai jasa Qori atau Qoriah dari luar Halbar.

“Bukan kita tidak nasionalis, akan tetapi ini lebih kepada pembinaan anak-anak Halbar,” terangnya.

Sementara itu, Bupati Halbar Danny Missy, menyampaikan bahwa Alquran merupakan sumber pengetahuan serta mengandung nilai-nilai kehidupan yang mengajarkan tentang mana yang benar dan mana yang salah, mana yang baik dan mana yang buruk, mana yang sejati dan mana yang palsu.

Tambah Danny, MTQ mempunyai posisi yang sangat vital dalam rangka membangun mental spiritual akhlak bangsa. Oleh karena itu melalui perhelatan MTQ ini, Danny mengajak semua elemen untuk merefleksi, berzikir dan bertafakur guna membangun akhlak dan peradaban.

Danny berharap agar lantunan Alquran yang nanti dibacakan dengan alunan suara yang indah, ditulis dengan karya seni yang tinggi pada MTQ ini, dapat melahirkan generasi-generasi yang mempunyai kecerdasan spiritual, kecerdasan sosial, dan kecerdasan moral sebagai modal untuk membangun bangsa.

Tak ketinggalan, atas nama pemerintah daerah, ia mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan yang tinggi kepada semua pihak, khususnya pemerintah kecamatan dan LPTQ Halbar, yang sudah mendukung dan membimbing para kafilah sehingga bisa menjadi generasi yang siap bermusabaqah pada berbagai mata.

“Perlu saya sampaikan bahwa di tengah Pandemi Covid-19, tentunya pelaksanaan kegiatan MTQ ke-28 tahun 2020 ini tetap mengacu pada protokol kesehatan, untuk itu kepada seluruh pihak yang terlibat pada acara ini wajib untuk mencuci tangan, cek suhu, menggunakan masker dan menjaga jarak fisik,” imbau Danny.

Danny juga ingatkan kepada seluruh dewan hakim (juri), agar bekerja secara profesional sehingga diperoleh bibit-bibit terbaik untuk menjadi duta dan perwakilan Kabupaten Halbar yang siap bersaing pada MTQ tingkat Provinsi Maluku Utara, bahkan ke tingkat nasional maupun tingkat internasional.

Diakhir sambutannya, Danny menjanjikan untuk memberikan bonus umroh dan pendidikan agama di luar daerah kepada peserta yang keluar sebagai juara 1 pada MTQ ke-28 Halbar.

“Jadi Peserta yang keluar sebagai Juara satu, janji saya akan memberangkatkan ke tanah suci untuk ibadah umroh dan pendidikan agama secara gratis,” pungkasnya. (mi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here