Rasa Syukur Kesultanan Ternate Usai Baabullah Jadi Pahlawan Nasional

0
Perangkat Kesultanan Ternate saat menggelar tahlilan penganugerahan Sultan Baabullah sebagai Pahlawan Nasional, Selasa (10/11). (Istimewa)

PENA – Kesultanan Ternate, Provinsi Maluku Utara (Malut), menggelar syukuran atas penganugerahan gelar Pahlawan Nasional kepada Sultan Baabullah Datuk Sjah oleh Presiden Joko Widodo. Syukuran berupa tahlilan ini digelar pada Selasa (10/11) hari ini yang juga bertepatan dengan Hari Pahlawan Nasional.

“Seluruh perangkat kesultanan Ternate dan masyarakat menggelar syukuran atas penganugerahan Sultan Baabullah sebagai Pahlawan Nasional. Pada tanggal 14 November nantinya menerima perwakilan ahli waris dan wali kota Ternate, Burhan Abdurahman tiba dari Jakarta akan mendapat sambutan antusias dari perangkat Kesultanan Ternate dan masyarakat,” kata Kapita Lao Kesultanan Ternate, Ayhar Do Basir usai menjalankan tahlilan di Pendopo Kesultanan Ternate.

Menurut Kapita Lao (Jenderal Perang Laut), tahlilan dan syukuran ini merupakan keinginan dan niat luhur dari seluruh elemen yang telah memperjuangkan Sultan Baabullah menjadi Pahlawan Nasional, karena perjuangannya mengusir penjajah dari Jazirah Moloku Kieraha pada abad ke-16.

Ayhar berharap, dimasa depan seluruh elemen seperti LSM Karamat hingga pemerintah daerah yang telah menunjukkan keseriusannya untuk mengusulkan Sultan Baabullah Datuk Syah sebagai Pahlawan Nasional harus bersama-sama mengusulkan kembali Sultan Muhammad Djabir Syah sebagai Pahlawan Nasional. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here