Sambut Penguasa 72 Negeri, KARAMAT Matangkan Konsep

0
KARAMAT dan perangkat Kesultanan Ternate usai menggelar syukuran penganugerahan Baabullah sebagai Pahlawan Nasional, Selasa (10/11).

PENA – Sultan Baabullah Datuk Sjah resmi ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional pada tanggal 10 November 2020 oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara.

Menyambut hari bersejarah tersebut, di kota Ternate, Keluarga Malamo Ternate (KARAMAT) bersama para perangkat adat Kesultanan Ternate menggelar ritual doa selamat sebagai bentuk rasa syukur Baabullah Pahlawan Nasional.

Momentum penetapan Baabullah sebagai Pahlawan Nasional ternyata mengundang perhatian Kepala Seksi Operasional Korem 152/Babullah Ternate, Kolonel Inf Andreas Nanang Dwi Prastowo.

“Saya juga ada lihat tadi di tv,” kata Andreas, saat disambangi sejumlah pengurus KARAMAT di Korem 152/Babullah, Kota Ternate, Selasa sore.

Kunjungan KARAMAT ke Korem adalah untuk menyampaikan perihal persiapan penyambutan piagam dan foto Sultan Baabullah yang dijuluki penguasa 72 negeri berpenghuni tersebut.

Keterlibatan TNI, dalam hal ini personil Korem/152 Babullah bagi KARAMAT dibutuhkan dalam penyambutan itu. “Tentu saya siap bantu dari sisi pengadaan pasukan,” tandas Andreas.

Andreas pun memberi saran agar KARAMAT terus menjalin koordinasi lintas instansi, baik dari pemerintahan maupun kepolisian.

“Karena konsepnya kan jalan kaki dari bandara ke keraton, jadi penting juga berkoordinasi dengan kepolisian untuk kelancaran acara,” jelasnya.

Sementara itu, pelaksana tugas Kepala Bandara Sultan Babullah Ternate, Syahril mengatakan, telah menyiapkan baliho untuk dipasang di areal bandara.

“Torang (kami) sudah bikin (baliho). Ukurannya cukup besar. Nanti dipasang di dua titik,” singkatnya.

Rencanannya, pada Rabu 11 November, KARAMAT akan berkunjung ke Polres Ternate untuk berkoordinasi soal kesiapan teknis penyambutan yang direncanakan akan digelar Sabtu 14 November 2020 mendatang. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here