Ketua DPRD Malut Sebut Sofifi Tidak Ada Perkembangan, Kuntu: Hanya Lampu Jalan

  • Bagikan
Ketua DPRD Malut, Kuntu Daud. (Istimewa)
banner 468x60

PENA – Ibukota Provinsi Maluku Utara secara resmi dipindahkan dari Kota Ternate ke Sofifi pada tahun 2010 silam. Namun hingga saat ini, banyak pihak menilai Sofifi sebagai Ibukota Provinsi belum menunjukan tanda-tanda kemajuan.

Ungkapan ini salah satunya datang dari Ketua DPRD Malut, Kuntu Daud. Kuntu menilai, hingga saat ini Sofifi tidak mengalami perkembangan dalam pembangunan. “Coba lihat, yang ada hanya lampu jalan saja. Apalagi ? Kan tidak ada,” katanya saat ditemui di gedung DPRD Malut, Senin (15/2).

Menurutnya, ada beberapa hal yang mempengaruhi lambatnya pembangunan kemajuan di sofifi. Salah satunya adalah penempatan pegawai Pemprov Malut di Sofifi. Gubernur Abdul Gani Kasuba dan Wakil Gubernur M. Al Yasin Ali telah menyampaikan “Sofifi adalah rumah kita”.

Sayangnya, Kuntu menilai ungkapan Sofifi rumah kita ini hanya hiasan semata. Betapa tidak, beberapa hari lalu Wakil Gubernur M. Al Yasin Ali justru menyampaikan statemen bahwa ASN Pemprov Malut tak wajib tinggal di Sofifi. Pernyataan Wagub ini, kata Kuntu, justru tidak sinergi dan konsisten dengan apa yang telah disampaikan oleh Gubernur AGK.

“Kita ini partai pendukung Gubernur dan Wagub pada saat itu. Gubernur dan Wagub saat itu juga menyampaikan bahwa Sofifi ini rumah kita. Kami mendukung demi kemajuan Sofifi. Tapi sampai saat ini biasa saja, tidak ada perkembangan apa-apa. Kalau mau Sofifi ini maju, harus konsisten dan tegas,” tandasnya.

Untuk itu, dirinya meminta Gubernur agar memberikan sanksi tegas kepada ASN yang tidak mau tinggal di Sofifi. Apalagi fasilitas berupa perumahan yang telah disediakan begitu banyak. Apabila semua ASN telah menetap di Sofifi, maka dengan sendirinya pembangunan terlihat maju. (ask)

banner 1080x1080
banner 120x600
  • Bagikan

Respon (1)

  1. Indikator Apa yg bapak Ketua Dewan Yang Terhormat, berkesimpulan SOFIFI TIDAK ADA PERKEMBANGAN ?
    Mungkin karena melihat Sofifi dari Ternate, jadi cuma dapa lihat pohon-pohon kelapa dan beberapa Gedung, Masjid dan beberapa rumah di Puncak Gosale.
    Sebenarnya Perkembangan Sofifi sudah cukup lumayan, akan lebih Mantap jika sudah ada harmonisasi pemerintahan (Prov–>Kota–>Kecamatan–> Desa/Kelurahan), dan itu salah satu bagian tugas DPRD utk melaksanakan Amanat UU No.46 Thn 1999, khususnya Pasal 9b.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *