Aksi Bupati Halsel Jadi Sorotan, Joget Tanpa Masker di Tengah Kerumunan

0
Tangkap layar video dari aksi joget Bupati Bahrain Kasuba usai peresmian Kantor UPTD Puskesmas Babang, Selasa 9 Februari 2021 lalu. (Istimewa)

PENA – DPC Lembaga Aliansi Indonesia Halmahera Selatan (Halsel) menyoroti sebuah peristiwa melalui sebuah video yang merekam aksi tidak terpuji Bupati Bahrain Kasuba usai peresmian Kantor UPTD Puskesmas Babang, pada Selasa tanggal 9 Februari lalu.

Dalam video berdurasi hampir dua menit itu, Bahrain Kasuba nampak tengah berjoget di antara kerumunan warga tanpa mengenakan masker. Padahal sekarang ini, oleh pemerintah sendiri, dilarang mengadakan aktivitas berkerumun atau berkumpul di tengah Pandemi Covid-19. Parahnya lagi, di video tersebut diduga ada petugas Satgas Covid-19 Halsel yang ikut ambil bagian dalam aksi joget bersama Bupati Bahrain.

Ketua Lembaga Aliansi Indonesia Cabang Halsel, Sarjan Taib. (Istimewa)

Ketua Lembaga Aliansi Indonesia Halsel, Sarjan Taib mengatakan, apa yang dilakukan Bahrain itu jelas telah membuat warga geram dan kecewa. Pasalnya, larangan berkumpul dan berkerumun sepertinya hanya diberlakukan kepada warga tapi tidak kepada pejabat publik.

“Di video tersebut jelas terlihat aksi joget Bupati Bahrain bersama puluhan oknum ASN lingkup Pemda Halsel. Ironisnya, Bupati dalam isi video tidak sedang mengenakan masker,” jelas Sarjan.

Dia menambahkan, sebaliknya jika warga yang ingin melakukan aktivitas berkerumun, pasti akan ditolak oleh Tim Satgas Covid-19. Seperti yang terjadi di Desa Marabose, Kecamatan Bacan, Tim Satgas Covid-19 melarang adanya warga yang ingin menggelar pesta pernikahan. Pelarangan ini justru memicu terjadinya baku pukul antara warga dan Tim Satgas Covid-19 hingga jatuh korban jiwa beberapa waktu lalu.

Korban jiwa itu berasal dari warga yang diduga dianiaya oleh Tim Satgas Covid-19 Halsel. Sarjan sangat menyayangkan hingga peristiwa nahas ini bisa terjadi. Ia pun kecewa, Bupati Bahrain yang seharusnya menjadi contoh justru bertingkah yang tidak terpuji.

Langkah Hukum

Lembaga Aliansi Indonesia Cabang Halsel berniat melaporkan tindakan tidak terpuji yang dilakukan oleh Bupati Bahrain Kasuba. Rencananya, mereka akan membuat laporan kepada Tim Satgas Covid-19 di pusat melalui Pengurus Pusat Lembaga Aliansi Indonesia.

Langkah hukum ini dilakukan agar ada tindakan tegas kepada oknum-oknum pejabat maupun aparatur sipil negara yang dianggap merusak citra pemerintah di daerah.

“Kejadian semacam ini secara tidak langsung juga telah menyia-nyiakan miliaran anggaran yang telah digelontorkan untuk Tim Satgas di Halsel demi percepatan penanganan Covid-19,” tegas Sarjan.

Untuk masalah ini, Lembaga Aliansi Indonesia menegaskan akan diseirusi hingga diusut tuntas. Karena aktivitas di masa Pandemi ini dibatasi atas perintah Presiden RI.

“Selain itu, biar ada efek jera pada oknum-oknum pejabat yang melanggar peraturan Covid-19 ini, supaya menjadi contoh para pejabat lain atau kepala daerah yang lain demi menegakkan keadilan dan kebenaran, sehingga disaksikan langsung oleh masyarakat,” tukasnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here