Lokal  

Anggota DPRD Malut: Pergantian Kepsek Adalah Potret Kegagalan Dikbud

Anggota Komisi IV DPRD Maluku Utara, Ruslan Kubais. (Istimewa)

PENA – Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Maluku Utara, Ruslan Kubais, angkat bicara terkait masalah pergantian 129 kepala SMA dan SMK di Maluku Utara yang belum lama ini dilakukan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Maluku Utara.

Hal yang disoroti oleh Ruslan ialah persoalan protes yang muncul usai pelantikan 129 kepala sekolah tersebut. Menurut dia, protes hingga pemoboikotan aktivitas belajar mengajar buntut dari pergantian kepsek adalah potret kegagalan Dikbud Malut dalam mengambil keputusan.

“Saudara Kadis (Imam Makhdy Hassan) tidak mengambil keputusan yang tepat. Hal ini bukan tentang mekanisme yang berlaku, tapi lebih kepada kondisi di sekolah yang tidak diperhatikan Dikbud Malut,” tukas Anggota DPRD Malut dari Fraksi Partai NasDem ini, Rabu (10/3),

Parahnya lagi, lanjut Ruslan, berbagai protes dan penolakan yang terjadi justru dibiarkan begitu saja oleh pihak Dikbud Malut. Menurut dia, Dikbud seharusnya mengambil langkah penyelesaikan konflik agar tidak timbul protes di tengah masyarakat.

“Sudah banyak timbul protes, tapi justru Dikbud diam melihat fenomena itu. Jika dibiarkan terus begini, justru yang jadi korban adalah siswa yang kehilangan waktu belajar,” sesalnya.

Ruslan mengharapkan ada langkah strategis dari Dikbud Malut untuk meredam situasi yang terjadi. Apalagi, waktu belajar siswa di sekolah belakangan ini harus dibatasi lantaran menjalankan program kesehatan Pandemi Covid-19.

Selain itu, Ruslan juga mengingatkan agar setiap pengambilan keputusan yang dilakukan oleh Dikbud Malut harus menunggu tanggapan masyarakat atau bisa dikatakan sebagai uji publik terlebih dahulu. Hal ini penting, karena menurut Ruslan, Dikbud tidak selalu tahu tentang kondisi yang ada di sekolah.

“Yang jelas, saya beranggapan bahwa saudara Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Maluku Utara telah gagal dalam mengeluarkan keputusan,” tegas Ruslan, menutup. (*)

Respon (30)

  1. Healthcare Blog provides news, trends, jobs and resources for health industry professionals. We cover topics like healthcare IT, hospital administration, polcy

  2. Greetings! This is my first visit to your blog! We are a team of volunteers and starting a new initiative in a community in the same niche. Your blog provided us valuable information to work on. You have done a wonderful job!

  3. Ping-balik: Daily Mail
  4. Thanks for a marvelous posting! I actually enjoyed reading it, you’re a
    great author.I will make certain to bookmark
    your blog and will come back in the foreseeable future. I want to encourage you continue your great
    work, have a nice holiday weekend!

  5. Hi would you mind letting me know which hosting company you’re utilizing? I’ve loaded your blog in 3 completely different internet browsers and I must say this blog loads a lot quicker then most. Can you recommend a good web hosting provider at a reasonable price? Cheers, I appreciate it!

  6. Thanks for the sensible critique. Me and my neighbor were just preparing to do some research on this. We got a grab a book from our local library but I think I learned more clear from this post. I am very glad to see such excellent information being shared freely out there.

Komentar ditutup.