banner 1080x1080 banner 1080x1080 banner 1080x1080

DPRD Halmahera Barat Desak PT. TUB Segera Angkat Kaki

  • Bagikan
Kantor DPRD Halmahera Barat. (Zulfikar)
banner 468x60

PENAMALUT.COM, JAILOLO – DPRD Kabupaten Halmahera Barat mendesak perusahaan tambang PT. Tri Usaha Baru (TUB) segera angkat kaki dari Halbar lantaran dianggap tidak memberikan kontribusi terhadap daerah.

Ketua Fraksi Golkar DPRD Halbar, Joko Ahadi, menyatakan bahwa PT. TUB beroperasi di Kecamatan Loloda kurang lebih 5 tahun. Namun sampai saat ini, tidak dilihat kontribusinya terhadap daerah.

Bahkan akhir-akhir ini, kata Ketua Komisi I DPRD Halbar ini, sejumlah karyawannya sudah dilakukan pemutusan hubungan kerja (PHK). PHK ini sudah dilakukan berapa tahun dan menambah daftar pengangguran yang begitu banyak di Halbar.

“PT. TUB ini sudah merusak lingkungan. Sudah begitu, ganti rugi lahan warga seluas 1210 hektar sampai saat ini tidak terselesaikan. Itu menandakan perusahaan ini tidak ada niatan baik untuk ganti rugi,” katanya kesal saat ditemui wartawan di gedung DPRD pada Rabu (30/6) tadi.

Untuk itu, Joko meminta kepada Bupati Halbar agar segera memanggil pihak PT. TUB dan mengevaluasinya.

Selain itu, Bupati juga diminta mengkaji ulang terkait kontrak kerja dengan perusahaan tersebut. Sehingga potensi sumber daya alam yang ada di Halbar betul-betul tergarap dan mampu menjamin kesejahteraan masyarakat lingkar tambang maupun masyarakat Halbar secara utuh.

“Jika tidak punya niat baik untuk daerah, maka kami meminta perusahaan PT. TUB agar segera angkat kaki dari Halbar,” tegasnya.

Hal yang sama juga disampaikan Ketua Fraksi Demokrat DPRD Halbar, Yan Frangky Luang. Ia mendukung langkah Fraksi Golkar agar PT. TUB angkat kaki dari Halbar.

Beberapa waktu lalu, kata Frangky, pemilik lahan yang dipakai PT. TUB datang ke komisi I dan menyampaikan keluhannya.

“Pemerintah daerah harus segera mengevaluasi perusahaan PT. TUB ini, karena PT. TUB beroperasi kurang lebih lima tahun, tiga tahun eksplorasi dan dua tahun Produksi. Tapi apa yang kita dapatkan. Makanya kami mendukung langkah Fraksi Golkar,” ujarnya menutup. (yadi/ask)

banner 1080x1080
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *