banner 1080x1080 banner 1080x1080 banner 1080x1080

Warga Keluhkan Kondisi Jalan Sayoang-Yaba

  • Bagikan
Kondisi jalan Sayoang-Yaba rusak parah. (Warga Yaba)
banner 468x60

PENAMALUT.COM, LABUHA – Kondisi jalan Sayoang-Yaba, Kabupaten Halmahera Selatan, makin memprihatinkan.

Pasalnya, jalan tersebut rusak parah sudah sejak lama. Padahal jalan tersebut sudah sempat dibangun beberapa tahun lalu, namun tak tuntas hingga mengakibatkan jalan tersebut kembali rusak.

Kondisi ini membuat warga yang berpergian dari Yaba ke Babang mulai hawatir.

Sepus, salah satu sopir truk L300 yang biasa melayani warga dari Yaba ke Babang mengungkapkan, saat ini warga sudah tidak lagi menggunakan mobil ketika mau ke Babang. Mereka lebih memilik menggunakan angkutan laut ketimbang naik mobil. Padahal jarak lebih dekat dengan menggunakan mobil.

“Karena kondisi jalan yang rusak parah, orang-orang takut naik mobil lagi. Torang (kami) setengah mati antar jemput penumpang. Dorang (penumpang) rata-rata tidak mau naik mobil,” katanya kepada wartawan, Kamis (15/7).

Kondisi jembatan pada jalan Sayoang-Yaba.

Hal yang sama juga disampaikan salah satu warga Yaba, Om Bas. Kata Om Bas, jalan Sayoang-Yaba tidak layak lagi digunakan.

“Kalau torang (kami) naik mobil pergi ke Babang, selama perjalanan selalu khawatir. Dalam perjalanan itu ibarat kami sedang mempertaruhkan nyawa antara hidup dan mati, karena kondisi jalan yang rusak parah ditambah dengan jembatan yang hanya pakai kayu. Kalau mobil meleset sedikit atau kayunya patah, maka kami bisa mati,” tuturnya.

Kondisi jalan yang sedemikian rupa membuat warga kesulitan membawa sayur mayur yang dipanennya untuk dijual ke Babang atau Labuha. Terkadang hasil panen sampai rusak lantaran tidak bisa dibawa ke Babang.

Warga sangat berharap banyak kepada pemerintah, baik Pemerintah Provinsi Maluku Utara maupun Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan untuk memperhatikan jalan tersebut.

“Kami yang di Bacan Barat Utara hanya mengandalkan akses jalan satu ini untuk distribusi hasil tani. Kalau jalan rusak parah begini kami sangat setengah mati. Kami berharap pemerintah tolong perhatikan jalan kami ini,” harapnya. (rul/red)

banner 1080x1080
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *