banner 1080x1080 banner 1080x1080 banner 1080x1080

Hari Anak Nasional: Orang Tua Harus Berperan Makskimal Melindungi Sang Anak

  • Bagikan
Keceriaan anak-anak. (Suara.com)
banner 468x60

Hari Anak Nasional (HAN) diperingati setiap 23 Juli. Peringatan hari anak penting dilakukan untuk memberikan edukasi sekaligus membangkitkan peran orang tua agar menjaga dan melindungi anak dari kekerasan.

Kasus kekerasan terhadap anak yang kerap kali terjadi, menandakan peran orang tua untuk mengontrol sang anak belum maksimal. Di mana kasus kekerasan terhadap anak, terutama kekerasan seksual yang terjadi di Provinsi Maluku Utara.

Maka hal ini selain peran orang tua, pentingnya edukasi menyeluruh ke lapisan masyarakat untuk bersama-sama menjaga anak-anak dari tindakan kekerasan.

“Anak-anak harus mendapatkan haknya. Orang tua harus berperan maksimal dalam hal ini,” ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Provinsi Malut, Misyrifah Alhadar, kepada wartawan, Kamis (22/7).

Untuk itu, Musyrifah mengajak orang tua maupun seluruh lapisan masyarakat agar berperan menjaga anak-anak dari tindak kekerasan. Mengingat masih banyak orang-orang yang tidak bertanggungjawab yang menjadikan anak sebagai objek kejahatan.

“Padahal anak adalah aset bangsa. Anak adalah penerus cita-cita bangsa. Kita tidak boleh membiarkan aset dan penerus cita-cita bangsa ini terhalangi oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab dan menjadikan anak sebagai objek kejahatan,” tuturnya.

Ia berharap keceriaan anak-anak itu harus terus terukir pada mereka, meski di tengah pandemi.

“Semoga malaikat-malaikat kecil di seluruh nusantara tumbuh dalam cinta dan kasih sayang dari orang-orang di sekitarnya,” harapnya.

“Besar kecilnya suatu bangsa tergantung bagaimana karakter anak-anak penerusnya. Selamat hari anak nasional. Semoga anak-anak Maluku Utara mampu membangun karakter yang baik dan menjadi generasi terbaik yang barakhlak mulia untuk mewujudkan Indonesia maju,” tukas Musyrifah menutup. (red)

banner 1080x1080
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *