Cair 100 Persen, Pekerjaan Jembatan Kali Baleha di Sula tak Sesuai Perencanaan

  • Bagikan
Jembatan Air Kali Baleha di Kepulauan Sula yang dikerjakan tidak sesuai perencanaan. (Isrudin/Penamalut)

PENAMALUT.COM, SANANA – Jembatan Air Kali Baleha yang terletak di Kecamatan Sulabesi Timur, Kabupaten Kepulauan Sula, dibangun sejak tahun 2020 lalu dengan anggaran sebesar 3 miliar.

Namun proses pekerjaan jembatan tersebut baru 60 persen dan diduga tidak sesuai perencanaan. Padahal, anggarannya sudah cair 100 persen.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Kawasan Pemukiman (PUPRKP) Sula, Samsul Bahri Soamole mengatakan, untuk pekerjaan tahap II Jembatan Kali Baleha tidak bisa dilanjutkan. Sebab pekerjaan tahap I tidak sesuai perencanaan.

“Kami dari dinas teknis melakukan tinjauan lapangan dan menemukan di beberapa titik seperti tiang panca tidak tertanam sesuai perencanaan. Tiang panca Jembatan Air Kali Baleha semestinya tertanam di kedalaman 10 meter, tapi yang terjadi sekarang hanya 2 sampai 3 meter kedalam,” kata Samsul kepada wartawan, Rabu (8/9) tadi.

Pihaknya saat ini sudah turun mengecek ke lapangan guna mengidentifikasi pekerjaan tersebut dan ditemukan pekerjaannya belum 100 persen.

“Kita juga nanti melihat konstrusinya dulu, apakah layak sesuai perencanaannya, maka akan kita lanjutkan pekerjaannya. Kalu tidak layak, maka kami akan buat perencanaan baru yang layak agar dapat digunakan masyarakat untuk menunjang aktivitas perekonomian di daerah,” jelasnya.

Ia berjanji jembatan ini akan dikerjakan hingga tuntas, namun untuk tahap II belum bisa dikerjakan lantaran perencanaan yang diduga tidak sesuai. (ish/ask)

banner 680x680 banner 1280x473
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!