Dugaan Korupsi di Inspektorat Halmahera Selatan Mencuat

Kantor Inspektorat Halmahera Selatan. (Istimewa)

PENAMALUT.COM, LABUHA – Dugaan korupsi di internal Inspektorat Kabupaten Halmahera Selatan mencuat.

Berdasarkan audit ketaatan atas pengelolaan keuangan pada Inspektorat Halsel dari 1 Januari sampai 4 Agustus 2021, ditemukan beberapa item kegiatan yang diduga fiktif.

Temuan kegiatan fiktif itu nilainya mencapai 500 juta lebih dan melibatkan orang dalam Inspektorat.

Temuan kegiatan fiktif itu yakni pengadaan belanja modal personal komputer (Laptop) pada kegiatan peralatan perlengkapan kantor tidak sesuai ketentuan yang mengakibatkan kerugian daerah sebesar Rp 42.988.750.

Terdapat belanja perjalanan dinas fiktif pada kegiatan penunjang administrasi perkantoran tidak sesuai ketentuan yang merugikan keuangan daerah sebesar Rp 92.146.100.

Realisasi belanja perjalanan dinas tidak sesuai ketentuan sebesar Rp 6.170.000.

Terdapat Pertanggung jawaban Ganti Uang (GU) atas kegiatan penunjang administrasi umum tidak sesuai ketentuan yang diambil langsung oleh Fadila Abbas sebesar Rp 46.800.473.

Terdapat belanja makan minum kegiatan tidak sesuai ketentuan sebesar Rp 276.491.699, serta tidak dapat diyakini kebenarannya sebesar Rp 25.930.611.

Terdapat belanja makan minum rapat dan kegiatan tidak sesuai kondisi sebenarnya yang diambil langsung oleh FA sebesar Rp 37.869.252.

Dengan demikian, total jumlah temuan secara keseluruhan yang harus dikembalikan ke kas daerah sebesar Rp 251.905.186. Sedangkan temuan secara administrasi sebesar Rp 276.491.699.

Atas temuan ini, tim audit merekomendasikan kepada Inspektur agar memberikan sanksi sesuai dengan ketentuan kepada Fadila Abbas sebagai PPK, Panitia Penilai Hasil Pelaksanaan Pekerjaan dan Bendahara Barang yang tidak melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sesuai dengan aturan yang berlaku.

Memerintahkan kepada Fadila Abbas untuk menyetorkan uang sisa pengadaan Laptop yang tidak sesuai ketentuan sebesar Rp 42.988.750, dan bukti setoran disampaikankepada tim tindaklanjut Inspektorat.

Merekomendasikan kepada Inspektur agar memerintahkan pelaksana perjalanan dinas untuk menyetorkan ke kas daerah atas kelebihan pembayaran perjalanan dinas fiktif sebesar Rp 92.146.100 dan menyampaikan salinan bukti penyetoran tersebut ke tim tindaklanjut Inspektorat.

Memerintahkan pelaksana perjalanan dinas untuk menyetorkan ke kas daerah atas kelebihan pembayaran Rp 6.170.000 dan menyampaikan salinan bukti penyetoran tersebut ke tim tindaklanjut Inspektorat. Memerintahkan pejabat penatusahaan keuangan untuk lebih cermat dalam melakukanverifikasi bukti pertanggungjawaban pegalanan dinas.

Merekomendasikan kepada Inspektur agar memberikan sanksi sesuai dengan ketentuan kepada Bendahara Pengeluaran Inspektorat yang lalai dalam mengelola kas. Memerintahkan kepada mantan Inspektur, FA, untuk menyetorkan uang sisa GU yang kedua yang tidak sesuai ketentuan sebesar Rp 46.800.470 dan bukti setoran disampaikan kepada tim tindaklanjut audit internal.

Memberikan teguran dan sanksi kepada pada Sekertaris Inspektorat dalam melaksanakan tugas tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Memberikan teguran dan sanksi kepada bendahara pengeluaran dalam melaksanakan tugas tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Memerintahkan bendahara pengeluaran untuk menyampaikan bukti-bukti yang benar atas penggunaan uang makan minum sebesar Rp 25.930.611. Apabila tidak dapat menyampaikan bukti-bukti tersebut, maka wajib menyetorkan pada Rekening Kas Daerah dan bukti setoran disampaikan pada tim audit internal Inspektorat sebagai bahan tindaklanjut.

Memerintahkan kepada mantan Pelaksana Tugas (Plt) lnspektur, FA, agar menyetorkan kembali uang makan minum sebesar Rp 37.869.252 pada rekening kas daerah, dan bukti setoran disampaikan pada tim audit internal Inspektorat sebagai bahan tindaklanjut. (rul/ask)

Respon (11)

  1. Ping-balik: sex 2024
  2. Hi, I think your site might be having browser compatibility issues. When I look at your website in Safari, it looks fine but when opening in Internet Explorer, it has some overlapping. I just wanted to give you a quick heads up! Other then that, fantastic blog!

  3. Ping-balik: superkaya88
  4. Ping-balik: พนันบอล
  5. I’m impressed, I need to say. Actually not often do I encounter a blog that’s both educative and entertaining, and let me inform you, you’ve got hit the nail on the head. Your idea is outstanding; the problem is one thing that not enough people are speaking intelligently about. I’m very completely satisfied that I stumbled throughout this in my search for one thing relating to this.

  6. I have not checked in here for some time because I thought it was getting boring, but the last few posts are great quality so I guess I will add you back to my daily bloglist. You deserve it my friend 🙂

  7. You really make it seem so easy with your presentation but I find this topic to be actually something which I think I would never understand. It seems too complicated and very broad for me. I am looking forward for your next post, I’ll try to get the hang of it!

Komentar ditutup.