Kapal Cepat Jailolo-Ternate Ancam Pendapatan Speedboad

  • Bagikan
Kapal cepat MV Trans JB, rute Jailolo-Ternate. (Istimewa)

PENAMALUT.COM, JAILOLO – Puluhan motoris yang tergabung dalam Asosiasi Speedboad Jailolo Kabupaten Halmahera Barat mendatangi Kantor Bupati Halbar, Rabu (13/10) untuk melakukan aksi penolakan atas beroperasinya Kapal Cepat MV TRANS JB rute Jailolo-Ternate.

Ketua Asosiasi Speed Boat Jailolo, Lon Abdul Gafur usai pertemuan bersama Wakil Bupati Halbar mengatakan, informasi beroperasi kapal cepat yang bakal beroperasi Jailolo-Ternate harus perlu dikaji kembali oleh Pemda Halbar. Sebab kehadiran kapal cepat tersebut membawa dampak buruk bagi pendapatan Speedboad di Jailolo.

Lon bilang, dengan muatan penumpang yang mencapai 200 orang, otomatis kapal cepat  dapat menggeser pendapatan para motoris speedboad.

Lon juga mengaku, speedboad Jailolo-Ternate itu berjumlah sekitar 56 armada. Satu speedboad memiliki ABK 6 sampai 7 orang.

“Jika kapal cepat ini terakomodir untuk beroperasi, maka pendapatan motoris menurun, bahkan dipastikan pengangguran dan anak-anak motoris ini akan putus sekolah. Sebab mereka hanya bergantung pada mata pencaarian sebagai motoris,” tukasnya.

Lon mencotohkan sebelum Kapal Manado dengan rute Manado-Jailolo-Ternate beroperasi, sebulan itu satu speedboad bisa capai 7 sampai 8 giliran. Namun sekarang setelah kapal Manado beroperasi, hanya sampai 4 kali giliran sebulan.

“Seandainya kalau ditambah dengan kapal cepat, tentu penghasilan speedboad Jailolo menurun jauh. Apalagi pemilik speedboad Jailolo banyak melakukan pinjaman di Bank untuk usaha Speedboad, tentu ini sangat merugikan kami,” tuturnya.

Dalam pertemuan bersama Wakil Bupati Halbar Djufri Muhammad tadi, Wakil Bupati berjanji bakal memanggil dinas terkait untuk membahas masalah tersebut. (adi/ask)

banner 1280x960
banner 120x600
  • Bagikan

Respon (4)

  1. Tapi masalahnya terkadang speedbood menaikkan hrga yg sudah di patok oleh dishub, sering minta tiket yg harusnya 60rb baik sampai 100rb.. selain itu juga mereka sering bilang langsung berangkat2 pdhal masih menunggu menumpang sampe fol2.. kehadiran kapal cepat dapat mengatasi masalah tersebut, meski memang tdk dapat dipungkiri akan menimbulkan masalah lain, jadi … Menurut saya lebih baik kerjasama saja.. ABK speedbood pindah jadi ABK kapal cepat saja.. dan mengusaha speedbood patungan buat beli kapal cepat juga …biar sama2 beropeasi to.. hehe2…

  2. Tuhan maha kaya, jangan kita cepat putus asa. Tuhan sdh menyiapkan jalan keluar terbaik utk kita. Kita perlu berprasangka baik saja terhadap semua ketetapanNya

  3. Harusnya pelayanan dan kenyamanan jasa speed boat Ternate – Jailolo itu yg perhatikan… Kadang penumpang yg Naik itu agak terpaksa berhubung Tarifnya selalu Tdk sesuai.
    Terima kasih klu ada Kapal cepat
    jadi penumpang tinggal memilih mana yg nyaman.
    Dan dari sini semua jasa pelayanan speed lebih di optimalakan..
    Semoga menjadi perhatian kita semua…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!