Pemkab Halbar Sambut Baik Rencana Beroperasinya Kapal Cepat Jailolo-Ternate

  • Bagikan
Wakil Bupati Halbar, Djufri Muhammad. (Haryadi/Penamalut)

PENAMALUT.COM, JAILOLO – Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat tampaknya mendukung rencana beroperasinya Kapal Cepat MV Trans JB rute Jailolo-Ternate.

Wakil Bupati Halbar, Djufri Muhammad usai melakukan pertemuan dengan pihak Asosiasi Speedboat Jailolo, KP3 Pelabuhan Jailolo, Kamis (14/10) tadi menyatakan, meski ada keberatan yang disampaikan oleh Asosiasi Speedboat Jailolo, namun pada posisi ini pemerintah daerah berada pada posisi taat asas.

Di mana instruksi Presiden bahwa pemerintah daerah membuka ruang bagi investasi yang masuk, salah satunya transportasi kapal cepat dalam rangka mendukung program pariwisata di Halmahera Barat.

Ia mengikuti dinamika di media sosial dan melihat respons positif masyarakat atas hadirnya kapal yang cepat cukup tinggi.

Di sisi lain, kata Djufri, kualitas pelayanan speedboad lokal dikeluhkan oleh warga. Oleh karena itu, ia sudah memerintahkan kepada KSOP dan Dinas Perhubungan untuk mengatur jadwalnya.

“Artinya kita tidak bisa pungkiri kebutuhan kapal cepat sudah harus berada di Halbar. Ini sudah tentu ada pro-kontra seperti kehadiran Indomaret di Halbar, mau tidak mau situasi ini harus dialami oleh masyarakat Halbar,” tuturnya.

Meski mengizinkan beroperasinya kapal cepat, namun disamping itu tidak boleh mengabaikan ABK dan pemilik speedboad yang sudah sangat berjasa melayani perhubungan antar Jailolo-Ternate selama ini.

Wabup juga memastikan beroperasinya kapal cepat tidak akan menggangu pendapatan speedboad lokal. Sebab tarif tiket kapal cepat lebih tinggi dari Speedboad, yakni Rp 70.200 per orang. Sedangkan speedboad 60 ribu per orang.

“Otomatis pasti masyarakat masih ada yang memilih yang murah. Kami akam tetap memperhatikan speedboad yang berjumlah sekitar 29 armada yang setiap Speedboad ada 3 orang ABK dengan total semuanya ada 74 ABK. Jadi kapal cepat beroperasi kemungkinan selesai pelaksanaan STQ Nasional di Sofifi,” jelasnya.

Mantan anggota DPRD Halbar 3 periode ini juga mengimbau semua pihak harus menerima kenyataan yang ada, sebab pihaknya juga ingin kenyamanan pada moda transportasi yang hadir di Halbar.

“Ini perkembangannya seperti itu, kita tidak bisa menolak,” tukasnya. (adi/ask)

banner 1280x960
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!