BPPW Maluku Utara: CFW Hadir Untuk Ringankan Beban Masyarakat

  • Bagikan
Proses Serah Terima Aset Kegiatan Cash For Work (CFW) Program KOTAKU yang digelar Sabtu (20/11) pagi tadi di Kelurahan Kasturian.

PENAMALUT.COM, TERNATE – Alokasi dana Cash For Work yang dicanangkan oleh Kementerian PUPR di bawah kendali Program KOTAKU merupakan bagian dari program pemulihan ekonomi nasional yang sedang gencar dilakukan oleh pemerintah saat ini.

Melalui alokasi ini, setiap kelurahan menerima dana sebesar Rp 300 juta yang dikelola dan diperuntukkan kepada masyarakat terdampak Covid-19 yang mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK).

Hal itu disampaikan Kepala Seksi Perencanaan Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Maluku Utara, Muslim Saleh, saat menyampaikan sambutan mewakili Kepala BPPW Malut dalam kegiatan Serah Terima Aset Kegiatan Cash For Work (CFW) Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) Kota Ternate, Sabtu (20/11) pagi tadi, di Kelurahan Kasturian, Ternate.

Muslim mengatakan, dari 77 kelurahan dari 8 kecamatan di Ternate hanya 13 kelurahan yang mendapat alokasi dana CFW. Masing-masing kelurahan tersebut memperoleh dana sebesar Rp 300 juta yang diperuntukkan pada perbaikan dan pembersihan infrastruktur yang dibangun KOTAKU maupun program infrastruktur lainnnya yang berbasis masyarakat.

“Adapun prinsip-prinsip dasar kegiatan CFW adalah partisipatif, transparan dan akuntabel, sederhana dan mudah dikerjakan, berkualitas secara layak, dan berkelanjutan,” jelas Muslim.

Beberapa kegiatan yang diperuntukkan oleh alokadi dana CFW terdiri dari bak pembagi, drainase lingkungan, jalan beton, jalan paving block, MCK, pelindung mata air (PMA), sumur gali, PKM dan BOP. Total seluruh anggaran untuk 13 kelurahan tersebut adalah Rp 3,9 miliar.

“Pada kesempatan yang baik ini, kami atas nama Balai Prasarana Permukiman Wilayah Provinsi Maluku Utara memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada bapak dan ibu para lurah, LKM dan KSM dalam menyukseskan program ini. Terutama KPP dalam menjalankan keberlanjutan dan keberfungsiannya, sebab sebagus dan sekuat apapun infrastruktur yang dibangun apabila tidak ada kepedulian dan perhatian ke arah berkelanjutan maka semuanya akan sia-sia,” pungkas Muhlis.

Kegiatan Serah Terima Aset Kegiatan Cash For Work (CFW) Program KOTAKU yang berlangsung itu turut dihadiri oleh Wali Kota Ternate yang diwakili oleh Asisten I, Kepala Bapalitbangda Ternate, Kepala Disperkim Ternate, Kepala Dinas PUPR Ternate, Tim Leader OSP 8 Malut, dan sejumlah tamu undangan lainnya. (*)

banner 1280x960
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!