MAJANG  

Peringati Hajat ke 771: Ternate Sebagai Mangnet Kota Rempah

Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman saat menjadi Irup upacara HAJAT sekaligus menyampaikan sambutannya. (Staf Humas Pemkot Ternate)

PENAMALUT.COM, TERNATE – Tepat pada Rabu (29/12) pagi tadi, Pemerintah Kota Ternate menggelar upacara dalam rangka memperingati Hari Jadi Ternate (HAJAT) ke 771, bertempat di halaman Kantor Wali Kota Ternate.

Pada kesempatan itu, Wali Kota M. Tauhid Soleman yang bertindak selaku inspektur upacara menyampaikan, Hari Jadi Ternate ke 771 merupakan momentum masyarakat Ternate untuk melakukan refleksi, perenungan, sekaligus menerjemahkan makna perjuangan para leluhur untuk dimanifestasikan dan diwujudkan dalam pembangunan Ternate hari ini dan ke depannya.

“Kita semua sebagai warga Ternate haruslah mengikat tatanan
perilaku dengan nilai-nilai Kie se Gam Magugu ma Titi Tomdi yanh didalamnya terdapat Adat se Atorang, Istiadat se Kabasarang, Galib se Lakudi, Ngale se Cara, Sere se Duniru, Cing se Cingari dan Bobaso se Rasai,” ujarnya.

Lanjut wali kota, di usia ke 771, Ternate harus lebih baik dan matang dalam mewujudkan identitas ke-Ternateannya sebagai the Space City (Ternate Kota Rempah). Kota rempah memberi makna bahwa Ternate merupakan negeri yang mempunyai magnet untuk mempertemukan bangsa-bangsa Eropa dalam perjalanan mencari sumber rempah di masa lampau.

Dalam terminologi Tara No Ate, merupakan turun dan merangkul semua orang tanpa memandang golongan dari manapun.

“Perayaan ini merupakan hajatan dari kita semua dari seluruh elemen masyarakat Kota Ternate,” tukasnya.

Suasana paripurna dalam rangka Hari Jadi Ternate ke 771.

Tauhid menambhakan, memperingati Hari Jadi Ternate ke 771 ini memberi semangat bagi kita untuk menegaskan kembali identitas Ternate sebagai Kota Rempah, menguatkan genealogi sejarah, sosial dan budaya, serta strategi kolaboratif dengan keterlibatan seluruh stakeholder dalam rangka komitmen bersama seluruh warga Kota Ternate untuk membangun, menjaga dan memelihara Kota Ternate yang kita cintai ini tetap menjadi kota yang ramah dan nyaman untuk semua.

“Semoga dengan bertambahnya, usia Kota ini akan semakin meningkatkan motivasi kita bersama untuk lebih giat membangun Kota Ternate jauh lebih baik lagi untuk masa sekarang dan di masa yang akan datang,” pungkasnya.

Usai upacara yang berlangsung di halaman kantor Wali Kota, dilanjutkan dengan paripurna Hajat ke 771 bertempat di Kantor DPRD Kota Ternate dengan tema “Meretas Jejak Rempah Untuk Memaknai Hari Ini Demi Kesejahteraan Masa Depan”

Ketua DPRD Kota Ternate, Muhajirin Bailusy dalam sambutannya menyampaikan bahwa tema yang diangkat ini berangkat dari sejarah panjang Kota Ternate sebagai pusat perdagangan rempah-rempah dunia.

Untuk itu, ia berharap dari sejarah rempah tersebut, Kota Ternate lebih produktif dan berdaya saing di sektor-sektor strategis.

“Ternate sebagai Kota Rempah harus dimaknai sebagai upaya pemerintah untuk mewujudkan Kota Ternate sebagai destinasi wisata rempah-rempah, wisata sejarah dan wisata budaya. Dalam konteks inilah, selaku masyarakat Kota Ternate sudah saatnya kita mantapkan sumber daya dan potensi kita sebagai modal besar untuk mendorong kemampuan daya saing daerah pada sektor-sektor strategis untuk meningkatkan kemajuan daerah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” tandasnya.

Lanjut Muhajirin, dengan karakter yang kuat sebagai kota rempah, kota wisata, kota perdagangan, dan kota budaya, sudah saatnya Ternate didesain menjadi salah satu destinasi kota wisata favorit dari berbagai kalangan di penjuru dunia, juga harus maju dan bersaing di kancah Nasional maupun internasional sebagai salah satu kota tujuan wisatawan yang terkenal dan melegenda. (udy/tr3/ask)

Respon (11)

  1. Ping-balik: check
  2. Excellent website. Lots of useful info here.
    I’m sending it to a few buddies ans additionally sharing in delicious.
    And of course, thank you on your effort!

  3. Ping-balik: disana
  4. Ping-balik: buy clone cards
  5. Ping-balik: พรมรถ
  6. I’d have to examine with you here. Which isn’t something I often do! I enjoy reading a put up that may make folks think. Additionally, thanks for permitting me to remark!

Komentar ditutup.