Goa Boki Maruru di Halmahera Tengah Ramai Dikunjungi

Kawasan Gua Boki Maruru di Halmahera Tengah. (Tanwin NMG)

PENAMALUT.COM, WEDA – Goa Boki Maruru di Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng) rupanya menjadi tempat destinasi wisata favorit bagi warga Halteng dan sekitarnya.

Lokasi wisata yang terletak di Desa Sagea, Kecamatan Weda Utara itu dipadati pengunjung.

Lokasinya yang mudah dijangkau dengan jarak tempuh dari Kota Weda hanya berkisar satu jam. Pengunjung bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat untuk menuju ke lokasi Goa Boki Maruru.

Nikma, salah satu pengunjung saat ditemui wartawan Nuansa Media Grup (NMG) di lokasi mengatakan, dirinya sudah berulang kali berkunjung ke Goa Bokimaruru di saat waktu libur.

Suasana Goa Boki Maruru yang ramai pengunjung. (Tanwin/NMG)

Nikma bilang, wisatawan yang datang ke lokasi ini tidak hanya dari Halmahera Tengah, namun juga dari berbagai daerah di Maluku Utara maupun luar daerah Malut.

Untuk menuju ke lokasi wisata, wisatawan akan dipandu langsung oleh warga setempat. Para pengunjung juga akan diantar melewati sungai Sagea dengan menggunakan perahu ketinting milik warga setempat yang sudah disiapkan khusus para wisatawan.

“Untuk tarif perahu katinting itu relatif. Biasanya 100 ribu. Namun libur lebaran ini naik menjadi 200 ribu untuk satu rombongan dengan jumlah 5 sampai 10 orang,” ujar Nikma saat ditemui, Jumat (6/5).

Wisatawan yang datang ke lokasi wisata ini sangat menikmati keindahan dan keunikan Goa Boki Maruru. Di dalam Goa itu terdapat nyanyian burung yang indah. Tak hanya itu, keindahan Geopark tersebut sangat hening.

“Nuansanya masih alami sekali, hijau dan sejuk pohon-pohonnnya. Airnya yang sangat dingin tentu membuat pikiran kita lebih fresh, karena tenang serta dipadu dengan udaranya yang begitu segar,” tutur Nikma.

Senada dengan Nikma, Suhan pengunjung lainnya juga mengaku yang paling menarik dari Goa Boki Maruru adalah pemandangan bebatuan di tepian sungai menuju Goa tersebut. Ia bahkan takjub dengan suasana yang ramai pengunjung membuat pemandangan lebih tampak sejuk.

Menurut Suhan, di Goa Boki Maruru terdapat fasilitas yang disiapkan Pemda Halteng dan warga setempat yang akan dinikmati para pengunjung, termasuk dia dan rekan-rekannya. Fasilitas yang tersedia saat ini adalah perahu kayu, perahu karet (paddle board), perahu fiber dan pelampung. Ada juga beberapa bangunan seperti gazebo, ruang ganti, dan WC umum. Kemudian ada rumah makan yang menyediakan beberapa kudapan tradisional seperti pisang goreng, pop mie, minuman es dan kuliner lainnya.

Ia berharap ke depannya Pemda Halteng dapat menyediakan fasilitas tambahan di Goa Boki Maruru, seperti rumah atau vila untuk menginap dan membangun taman di sekitar rumah tersebut guna menambah keindahan pemandangan. Begitu juga tempat duduk untuk para pengunjung agar bersantai dan menambah daya tarik bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara.

“Wisata Goa Boki Maruru ini sangat menjanjikan untuk ke depannya. Sehingga itu fasilitasnya harus ditambah agar memberikan rasa puas dan nyaman bagi pengunjung,” harap Suhan mengakhiri. (tan/ask)

Respon (35)

  1. Ping-balik: magic boom bars USA
  2. you are really a excellent webmaster. The website loading speed is incredible. It sort of feels that you are doing any unique trick. Moreover, The contents are masterwork. you have performed a fantastic activity on this topic!

  3. I have read a few of the articles on your website now, and I really like your style of blogging. I added it to my favorites blog site list and will be checking back soon. Please check out my site as well and let me know what you think.

  4. Thanks a lot. Lots of tips.
    custom dissertation writing service [url=https://essayservicehelp.com/]writing a conclusion for an essay[/url] essay writing service reddit

  5. An interesting dialogue is worth comment. I think that it’s best to write extra on this topic, it might not be a taboo subject but usually individuals are not enough to talk on such topics. To the next. Cheers

Komentar ditutup.