DAERAH  

Bupati Halbar Bersama Komunitas Nobar Webinar Literasi Digital

Bupati Halmahera Barat James Uang saat memberikan sambutan pada pembukaan nonton bareng webinar literasi digital di lapangan FTJ Jailolo. (Istimewa)

PENAMALUT.COM, JAILOLO – Pelaksanaan kegiatan Nonton Bareng Webinar bertajuk “Pengembangan Seni Budaya Dan Promosi Desa Wisata Di Media Digital” telah sukses terselenggara, baik secara kualitatif dari ribuan jumlah pengunjung maupun kualitas kemasan acara yang berlangsung semarak, di lokasi Festival Teluk Jailolo pada Sabtu, (13/8) malam tadi.

Acara yang dibuka langsung oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Johnny G. Plate secara online ini juga dihadiri langsung oleh Bupati Halmahera Barat, James Uang yang ikut memberikan sambutan dari arena lokasi favorit warga Kabupaten Halmahera Barat yaitu lokasi ajang FTJ di Jailolo tersebut.

Bupati Halmahera Barat dalam sambutannya merespon baik dan mengapresiasi kegiatan ini sebagaimana dalam sambutannya menyampaikan, bahwa penggunaan media digital dalam kegiatan promosi pariwisata yang terus berkembang diperhadapkan pada dua hal yaitu, akan melahirkan banyak manfaat sekaligus pada saat yang bersamaan akan menjadi tantangan tersendiri bagi para pelakunya.

“Oleh sebab itu, maka digitalisasi pariwisata adalah solusi tepat dalam pengembangan destinasi wisata termasuk melalui upaya untuk mewujudkan digitalisasi desa wisata sebagai sarana memanfaatkan teknologi informasi untuk pembangunan kepariwisataan,” ujar Bupati James.

Suasana Nobar literasi digital di lapangan FTJ Jailolo. (Istimewa)

Menurut Bupati, Desa Wisata yang gencar dikembangkan di Halmahera Barat saat ini adalah berbasis komunitas yang melibatkan lintas sektor dan aktor pembangunan, teristimewanya adalah peran masyarakat tempatan dalam pengelolaan program Desa Wisata tersebut, sehingga manfaatnya dirasakan secara langsung oleh masyarakat itu sendiri.

“Oleh sebab itu, maka pemerintah daerah Kabupaten Halmahera Barat akan terus berusaha guna memastikan ketersediaan jaringan internet di setiap wilayah kecamatan di Kabupaten Halmahera Barat yang membawahi setiap Desa didalamnya, sehingga hal demikian dapat memenuhi serta menjamin hak-hak masyarakat lokal dalam upaya meningkatkan kualitas dan taraf hidup mereka,” tuturnya.

Kegiatan Nobar webinar dipandu oleh performance konten kreator Tete Ko dan Pricilia. (Istimewa)

Untuk memenuhi hak-hak masyarakat tersebut, lanjut James, saat ini pemerintah Kabupaten Halmahera Barat sedang giat dalam membangun 34 BTS dari total 61 BTS sebagai dukungan atas infrastruktur pembangunan sekaligus sangat diperlukan dalam upaya strategi promosi Desa Wisata dan adaptasi di tengah transformasi digital yang terus berkembang pesat saat ini.

“Dan karena itulah, maka pemerintah Kabupaten Halmahera Barat memandang penting dan menyambut baik kehadiran program Literasi Digital Maluku Utara sebagai project Kementerian Kominfo RI yang dilaksanakan oleh Project manager Thamrin Ali Ibrahim beserta timnya di Halmahera Barat saat ini,” jelasnya.

Karena itu, mengakhiri sambutannya, Bupati Halmahera Barat menyampaikan apresiasi dan dukungannya atas program Literasi Digital (makin cakap digital) sembari menganggap project ini sebagai kegiatan kreatif dan event untuk mencerdaskan masyarakat dalam memanfaatkan internet dengan baik, tepat dan produktif sebagaimana yang berlangsung di lapangan pasar teluk Jailolo, yaitu nonton bareng webinar bertajuk “Pengembangan Seni Budaya dan Promosi Desa Wisata di Media Digital”.

Merespon sambutan Bupati Halmahera Barat tersebut, Thamrin Ali Ibrahim selaku project manager Literasi Digital Maluku Utara merasa optimis bahwa project yang sedang dilaksanakannya saat ini sangat bermanfaat bagi masyarakat Halmahera Barat, dan sangat relevan dengan program pemerintah daerah Kabupaten Halmahera Barat yang sedang gencar dalam pembangunan kepariwisataan khususnya yang berkaitan dengan pembangunan tematik Destinasi Desa Wisata.

Project Manager Literasi Digital Malut Thamrin Ali Ibrahim saat menyampaikan laporan dan kampanye Halbar Makin Cakap Digital. (Istimewa)

Kolaborasi ini, lanjut Thamrin, akan terus dilakukan melalui kegiatan lain yang menjadi kebutuhan masyarakat di Kabupaten Halmahera Barat, khususnya yang berkaitan dengan literasi digital terutama pada isu penguatan pengetahuan dan skil dalam menggunakan dan memanfaatkan internet sebagai sarana kreatif, inovatif dan produktif bagi komunitas dan masyarakat umumnya. (red)

Respon (8)

  1. Hello, you used to write wonderful, but the last few posts have been kinda boringK I miss your great writings. Past several posts are just a little out of track! come on!

  2. Ping-balik: weed delivery Toronto
  3. I am so happy to read this. This is the type of manual that needs to be given and not the accidental misinformation that is at the other blogs. Appreciate your sharing this greatest doc.

Komentar ditutup.