MAJANG  

Lanal dan Unsur Maritim Laksanakan Upacara HUT ke-77 RI di Bawah Laut

Suasana penyerahan bendahara upacara yang dilaksanakan di bawah laut. (Aksal/NMG)

PENAMALUT.COM, TERNATE – Pangkalan TNI Angkatan Laut (AL) Ternate bersama unsur Maritim melaksanakan upacara pengibaran merah putih di bawah laut dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 RI. Upacara bawah laut tersebut digelar di Taman Pantai Falajawa dengan melibatkan 77 orang penyelam.

Komandan Lanal (Danlanal) Ternate, Letnan Kolonel (Letkol) Marinir, Ridwan Aziz
menuturkan, pada saat upacara, angin dan arus cukup kencang, tetapi karena terlatih maupun punya semangat yang luar biasa walaupun ada sedikit kendala, upacara ini tetap berjalan lancar.

“Kedalamannya pas surut 12 meter, kalau pas pasang itu kurang lebih 13 sampai 14 meter,” ujarnya usai upacara sang saka merah putih di bawah laut, Rabu (17/8).

Bahkan, kata dia, pada saat upacara tadi ada anak-anak masih di bawah umur juga dilibatkan karena ini merupakan bibit-bibit renang Lanal Ternate.

“Itu semua anak-anak Tentara (TNI). Kedepan ibu dan bapak yang punya anak yang mau dibina langsung oleh Angkatan Laut ayo. Kita sengaja tampilkan itu supaya menjadi inspirasi bagi anak-anak muda,” tuturnya.

Menurutnya, jika sudah termotivasi bisa bergabung dan melaksanakan pelatihan, maka paling utama akan dibekali terlebih dahulu dengan berenang. Artinya, upacara di bawah laut ini membangun kejayaan Maritim untuk Indonesia pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat.

“Maknannya seperti itu, ini mengingatkan kita bahwa tolong kita jaga lautan, biota laut dan terumbu karang. Untuk itu, jangan buang sampah sembarangan di laut. Laut itu bukan tempat sampah, tempat sampah itu di darat,” tandasnya.

Sekadar diketahui, komunitas yang terlibat upacara di bawah laut Taman Pantai Falajawa yakni, Lanal Ternate, TNI AD, Basarnas, Podsi, DKP, Bea Cukai, Brimob dan Polairud Polda Malut. (gon/tan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.