MAJANG  

Cuaca Ekstrem, Kadistan Ternate Imbau Kelompok Tani Menanam

Kepala Distan Kota Ternate, Thamrin Marsaoly . (Istimewa)

PENAMALUT.COM, TERNATE – Cuaca ekstrem yang melanda Maluku Utara beberapa waktu terakhir mengakibatkan harga pangan juga ikut melonjak.

Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Ternate terus berupaya mengendalikan stabilitas harga bahan pokok di Kota Ternate.

Kepala Dinas Pertanian Kota Ternate, Thamrin Marsaoly mengatakan, berdasarkan musim yang diprakirakan oleh BMKG bahwa kini sudah masuk pada musims yang cukup ekstrem.

Sehingga, pihaknya mengimbau kepada masyarakat khususnya para petani bahwa dengan kondisi cuaca ekstrem ini, agar mendorong tidak terjadinya kelangkaan pangan, maka bisa menggantikan panganan lokal, baik itu ubi, sagu dan lainnya,” ujar Thamrin, Rabu, (23/8).

Mantan Kabag Humas Ternate ini berkata, bahwa saat ini pihaknya menggenjot beberapa kelompok tani yang aktif agar terus melakukan tanaman, yang mana fokusnya di Kecamatan Ternate Barat.

“Untuk mengembangkan pertanian, paling tidak tomat dan sayuran harus di tanam, karena ini yang bikin kelangkaan inflasi juga,” katanya.

Thamrin juga mengakui, saat ini kurang lebih ada sekitar 10 ribuan pohon cabai yang sudah siap untuk ditanam, bahkan ada juga sebagian sudah ditanam dan juga ada beberapa titik yang sudah mulai panen, seperti di Tobololo, Kulaba dan Takome, Kecamatan Ternate Barat.

“Saya menyadari dengan hasil itu tidak mencukupi, karena di Ternate ini masyarakat yang datang beli bukan hanya 200 ribu orang saja tapi ada juga dari luar, otomatis terlalu kecil untuk menjadi pasokan,” katanya.

Meski ketersediaan yang terlalu kecil itu, kata dia, paling tidak pihaknya bisa sedikit menangani unsur ketersediaan bahan pokok di Kota Ternate, selain pasokan yang dari luar Kota Ternate.

“Kita sadari itu tidak akan cukup dengan kondisi lahan dan pertanian yang ada di Kota Ternate. Olehnya itu, kami tetap dorong kelompok tani yang sekitar 20-an ini yang aktif melakukan penanaman terus,” pungkasnya. (udi/tan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.