DAERAH  

RSUD Tobelo Pertahankan Predikat Akreditasi Paripurna Menuju Tipe B

Kepala Bidang Pelayanan Medis RSUD Tobelo, dr. Frans. (Chido/NMG)

PENAMALUT.COM, TOBELO – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tobelo, Kabupaten Halmahera Utara, saat ini tengah menyiapkan Re-Akreditasi untuk mempertahankan Akreditasi Paripurna dan kesiapan untuk penyesuaian menuju rumah sakit tipe B.

Kepala Bidang Pelayanan Medis RSUD Tobelo, dr. Frans menjelaskan, Re-Akreditasi dan penyesuaian ke tipe B menjadi dua agenda penting di tahun ini. Sedangkan penilaian akreditasnya akan berlangsung pada 2023 mendatang.

“Kalau kesiapan RSUD Tobelo menaikan kelas dari C ke tipe B, maka predikat paripurna Akreditasi perlu dipertahankan melalui Re-Akreditasi,” ujar Frans kepada Nuansa Media Grup (NMG), Selasa (13/9) kemarin.

Selain mempersiapkan berbagai sarana fasilitas, kata Frans, yang menjadi persyaratan baik Re-Akreditasi maupun persyaratan kenaikan kelas dari tipe C ke Tipe B tersebut yakni kesiapan dalam tahap Re-Akreditasi.

Di mana, tahapan itu melaksanakan rapat secara rutin untuk melakukan evaluasi mengenai alur pelayanan pasien secara sistem, serta pembentukan tim untuk menyiapkan elemen-elemen yang nantinya akan dinilai oleh tim supervisor dari Lembaga Akreditasi Rumah Sakit Damar Husada Paripurna (LARS DHP).

“Untuk agenda menaikkan kelas dari tipe C menuju ke tipe B, maka saat ini RSUD Tobelo sedang mempersiapkan fasilitas pendukung dan ketenagaan,” katanya.

Menurutnya, fasilitas pendukung terus diupayakan kelengkapan-kelengkapan yang selayaknya sesuai persyaratan menuju tipe B, di antaranya kelengkapan di IGD, ruang rawat inap hingga pelayanan rawat jalan pasien.

Selain itu, lanjut dia, menyiapkan tenaga medis untuk dokter jenis spesialis seperti spesialis jantung, THT, kesehatan jiwa, kulit kelamin serta dokter spesialis lainnya, dan juga tenaga konsultan yang semua itu ditargetkan tahun depan sudah terpenuhi.

Lebih lanjut, Frans menuturkan, memang saat ini RSUD Tobelo menjadi rumah sakit rujukan dari beberapa kabupaten di Maluku Utara. Karena itu, RSUD Tobelo sedang berupaya menaikan kelasnya menuju ke tipe B.

“Jika RSUD Tobelo sudah naik kelas ke tipe B, maka ketersediaan fasilitas sarana pendukung akan jauh lebih banyak dari sebelumnya. Dengan begitu, tingkat pelayanan kesehatan terhadap masyarakat lebih maksimal,” tandasnya (fnc/tan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.