MAJANG  

Naikkan Tarif Air, Pemkot Ternate Didemo

Demo tolak kenaikan tarif air bersih. (Udi/NMG)

PENAMALUT.COM, TERNATE – Pemerintah Kota Ternate didatangi sejumlah massa aksi dari Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Ternate untuk menggelar aksi menolak kenaikan tarif air bersih, Senin (3/10) tadi.

Kordinator aksi, Julfikar menyampaikan bahwa air merupakan kebutuhan dasar bagi setiap masyarakat. Setiap aktivitas yang dilakukan masyarakat selalu membutuhkan keperluan air. Namun kebutuhan air bersih ini sering tidak terlayani dengan baik.

”Sudah begitu, Pemkot Ternate melalui PDAM malah menaikkan tariff dasar air. Ini tentu sangat menyiksa masyarakat,” tuturnya.

Padahal, katra dia, pemerintah lewat Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengupayakan agar air bersih dapat diakses dengan murah oleh masyarakat dengan membangun perusahan daerah air minum (PDAM) yang tersebar di daerah-daerah.

“Ketika kami mencari tahu di lapangan, terdapat masyarakat yang berada di RT 7, RT RT 8, RT 9, RT 10, RT 11, dan RT 12 di kelurahan Tabona, Kecamatan Ternate Selatan, air yang di distribusikan oleh pihak PDAM kepada mereka itu dengan cara bergiliran. Ini jelas berpengaruh terhadap aktivitas masyarakat sehari-hari,” tandasnya.

Bahkan, lanjut dia, mereka menemukan ada warga yang belum teraliri oleh air bersih. Padahal lokasi bak penampungan air hanya berjarak 50 meter dengan rumah mereka. Sehingga warga tersebut mengonsumsi air sehari-hari dengan cara membeli dengan harga per tangki 70 ribu yang itu hanya dipakai dalam tiga hari.

“Untuk itu, kami menolak rencana kenaikan tarif air bersih di Kota Ternate tersebut. Pemerintah Kota Ternate juga harus memastikan bahwa seluruh warganya mendapatkan distribusi air,” pintanya menutup. (udi/ask)

Respon (1)

  1. Kami mengklarifikasi bahwa aksi yang dilakukan tanggal 3 Oktober sini hari tadi, bukan dilakukan oleh PMII CABANG Ternate, tapi PMII Cabang Baabullah Kota Ternate.

    Sebagai informasi, bahwa di kota Ternate saat ini PMII telah memiliki dua cabang. Saya salah satu anggota yang ditugaskan untuk mengkonfirmasi berita ini.

    Terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *