DAERAH  

Ketua DPRD Sebut Program Pembangunan Fisik di Ternate Masih Lambat

Ketua DPRD Kota Ternate, Muhajirin Bailussy, saat diwawancarai sejumlah wartawan. (Tanwin/NMG)

PENAMALUT.COM, TERNATE – Ketua DPRD Kota Ternate, Muhajirin Bailussy, menilai perencanaan Pemkot Ternate mengenai kegiatan program pembangunan fisik masih sangat lambat.

Padahal setelah pengesahan APBD tahun 2021-2022, pihaknya sudah mengingatkan ke Pemkot Ternate agar sudah ada langkah untuk menyelesaikan perencanaan dari seluruh program fisik yang sudah disahkan, seperti pekerjaan jalan dan sekolah. Dengan demikian, maka bisa nampak capaiannya.

“Capaian kerja pemerintah ini sangat penting dalam rangka penyerapan DAK. Jika programnya terlambat, maka sudah tentu efeknya akan berdampak pada penerimaan DAK tahun berikutnya,” tutur Muhajirin saat diwawancarai wartawan, Senin (24/10) kemarin.

Ia bilang, dalam perencanaan program pembangunan fisik sudah selesai pada Februari lalu, sebab masih ada proses tender semua program yang dilakukan setiap organisasi perangkat daerah (OPD) dan unit layanan pengadaan (ULP).

“Kalau hari ini masih ada OPD yang belum selesaikan program fisiknya, maka kesalahannya ada di perencanaan awal,” katanya.

Karena itu, ia meminta seluruh OPD turun lapangan untuk rapat koordinasi dengan Kasubag Perencanaan dalam rangka memastikan hal tersebut.

“Jika pada level itu pun tidak berjalan, maka kami meminta Sekretaris Daerah untuk memanggil OPD terkait untuk melakukan evaluasi sekaligus memberikan penegasan kepada Kasubag Perencanaan. Bila perlu Wali Kota evaluasi setiap OPD,” tegasnya.

Sembari menambahkan, semua program fisik yang melekat di OPD itu progresnya masih sangat lambat. Sehingga itu, ia meminta penegasan Wali Kota untuk memberi warning kepada OPD tersebut sesuai prosedur. (tan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *