DAERAH  

Program NHM, Gedung Sanggar Seni dan Budaya Suku Modole Diresmikan

Suasana peresmian gedung Sanggar Seni dan Budaya Suku Modole. (Istimewa)

PENAMALUT. COM, TOBELO – Gedung sanggar seni dan budaya Suku Modole yang dibangun tepatnya berada di Desa Soa Hukum, Kecamatan Kao Barat, Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara, pada Rabu (26/10) telah diresmikan oleh pihak Kesultanan Ternate.

Pada acara peresmian itu, sejumlah tamu dan rombongan dari pihak Kesultanan Ternate, Pemerintah Daerah dan SP PT.NHM sendiri mendapat sambutan meriah dari ratusan warga adat dengan tarian seni budaya Suku Modole dan beberapa suku lainnya.

“Mewakili Kesultanan Ternate H.Mudaffar Sjah dan jajaran ketika meresmikan rumah sanggar seni dan budaya Suku Modole, merupakan satu kebanggaan, dimana kita masih tetap mau mempertahankan jati diri budaya dan tradisi kita yang ada ini,” jelas Jimi Bitino, salah satu pengurusan Adat Kesultanan Ternate.

Ketika diberikan kepercayaan oleh Kesultanan Ternate, kata dia, pihaknya sebagai putra wilayah adat setempat mengaku bangga dengan kepercayaan yang diberikan oleh H. Mudaffar Sjah Kesultanan Ternate dan jajarannya.

“Sebagai putra Kao, saya banggan dengan kepercayaan ini. Semoga dengan meresmikan sanggar seni dan budaya Suku Modole ini dapat menjawab semua kerinduan kebutuhan adat bagi warga adat,” harapnya.

Sementara itu, mewakili sambutan Presdir PT. NHM, Haji Romo Nitiyudo Wachjo, yang diwakili Hansed Piter Lasa Manager SP PT. NHM, mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh jajaran lapisan adat yang sudah bekerjasama dengan pihaknya dalam menyukseskan apa yang menjadi program Presdir PT. NHM.

“Luar biasa ada sebuah penghargaan bagi kita semua di hari ini, dimana apa yang menjadi cita-cita bersama dalam membangunkan rumah sanggar seni dan budaya di Suku Modole dapat diresmikan pada saat ini,” katanya.

Selain itu, Hansed juga menyampaikan apa yang menjadi pesan Presdir PT. NHM, agar dengan adanya rumah sanggar seni dan budaya, lapisan adat secara bersama-sama mempertahankan adat budaya dan tradisi yang ada di suku setempat.

“Mari tetap terus dipertahankan adat dan tradisi kita, apa yang saya sampaikan ini juga menjadi pesan Pak Haji,” imbuhnya.

Diketahui, hadir dalam acara peresmian dihadiri Bupati Halmahera Utara, yang diwakili Abner Tukang mantan Camat Kao Barat, mewakili Kesultanan Ternate Jimi Bitino selaku pengurus 4 suku di wilayah Kao Barat, Presdir PT. NHM Haji Romo Nitiyudo Wachjo yang dihadiri langsung oleh Hansed Piter Lasa selaku Manager SP PT. NHM, bersama tokoh adat atau Sangaji 4 Suku dan lapisan warga masyarakat adat setempat. (fnc/tan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *