MAJANG  

Dekot Dukung Keberangkatan Lurah ke Bali Pakai Dana Kelurahan

DPRD Kota Ternate

PENAMALUT.COM, TERNATE – Rencana keberangkatan 78 lurah di Kota Ternate ke Bali mendapat respons positif. Meski keberangkatan para lurah itu menggunakan dana kelurahan, hal itu dianggap tidak menjadi sebuah persoalan.

Ketua Komisi I DPRD Kota Ternate, Mochtar Bian, mengatakan bahwa keberangkatan lurah ke Bali tidaklah menjadi masalah. Sebab itu merupakan salah satu program di Bagian Pemerintahan Setda Kota Ternate. Apalagi ini menyangkut kegiatan bimtek terkait penanganan sampah yang di mana salah satu visi misi Wali Kota terkait hal itu.

Menurut dia, mengatasi persoalan sampah harus dimulai dari tingkat kelurahan maupun RT. Sehingga pentingnya lurah mendapat pemahaman terkait masalah sampah.

“Komisi I tetap mendukung program yang direncanakan Bagian Pemerintahan, karena lurah ini berangkat ke luar daerah hanya satu tahun sekali,” katanya kepada wartawan, Selasa (1/11) tadi.

Hal yang sama disampaikan Anggota DPRD Zainul Rahman. Ia bilang, kegiatan bimbingan teknis dalam rangka meng-upgrade kemampuan aparatur, termasuk lurah.

“Apakah lurah yang berjumlah 78 itu semuanya harus ikut Bimtek? Saya kira ini opsional lah. Maksudnya, kalau yang bersedia silahkan, yang tidak bersedia juga tidak bisa dipaksakan,” tukasnya.

Mengingat kebutuhan yang urgen dan prioritas di kelurahan tentu berbeda satu sama lain. Sehingga, lanjut Zainul, ada lurah yang ia dapat informasi belum mau ikut bimtek. Sehingga anggaran yang bersumber dari DPPK itu bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan di kelurahan.

“Ini bukan soal setuju atau tidak setuju, tapi kan tidak ada kewajiban atau larangan atas hal semacam itu. Jadi saya kira, sah-sah saja. Yang penting tidak melenceng dari ketentuan dan kemudian dapat dipertanggungjawabkan, baik anggaran maupun implementasi hasil kegiatan,” pungkasnya. (udi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *