DAERAH  

Persiapan Musda, KNPI Maluku Utara Gelar Rapimpurda

Foto bersama dalam kegiatan Rapimpurda KNPI Maluku Utara.

PENAMALUT.COM, TERNATE ā€“ DPD KNPI Provinsi Maluku Utara menggelar Rapat Pimpinan Paripurna Daerah (Rapimpurda) VII tahun 2023 di Hotel Sahid Bela Ternate, Selasa (7/3). Rapimpurda bertajuk ā€œPemuda Bersatu Maluku Utara Maju ā€œ tersebut dibuka oleh Sekretaris Jenderal DPP KNPI, Almanzo Bonara.

Kegiatan ini dihadiri Wakil Ketua DPP KNPI, Rusdi Ali Hanafia, Sekretaris DPRD Provinsi Maluku Utara Abubakar Abdullah, Ketua Majelis Pemuda Indonesia (MPI) Thamrin Ali Ibrahim, Mantan Ketua DPD KNPI periode 2006-2008/2008-2012 Abubakar Abdullah mantan Sekretaris DPD KNPI periode 2008-2012 Ade Ismail, Kepala Inspektorat Malut Nirwana M T. Ali, Jurubicara DPD Partai Gerindra Malut Ikhi Sukardi Husen dan tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatan itu, Almanzo menyampaikan Rapimpurda DPD KNPI Maluku Utara bisa melahirkan kepemimpinan baru dan regenerasi yang matang dan siap. Mengingat Maluku Utara ini memiliki potensi sumber daya alam yang begitu luas dan besar, sehingga kepemimpinan pemuda ini mampu memberikan pola-pola gerakan kepemudaan dan orientasi pengembangan potensi pemuda.

ā€œTidak hanya sebatas pengorganisasian tapi lingkup. Mulai masuk di medium kewirausahaan preneurship agar sejalan dengan misi besar DPP KNPI, yaitu activistpreneur. Ketika kepemimpinan baru ini bisa menciptakan ruang-ruang itu, diharapkan ada kemandirian pemuda di Maluku Utara. Karena banyak potensi di darat dan di laut,ā€ ucapnya.

ā€œJikalau tidak dikelola dengan baik, maka ada kerugian yang dihadapi pemuda. Apalagi konsep pembangunan ekonomi dan investasi lebih ke arah Maluku Utara, sehingga KNPI mengambil peluang itu untuk mengembangkan pemuda dan masyarakat,ā€ tambahnya.

Di sisi lain, KNPI sudah melakukan kongres penyatuan tahun 2022. Kemudian dari hasil kongres penyatuan itu, ada legalitas dari pemerintah yang diberikan langsung kepada KNPI di bawah kepemimpinan Muhammad Ryano Satria Panjaitan berupa SK Kemenkumham.

“Saya ingin tegaskan, kita berormas dan bermasyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara harus punya dasar-dasar hukum, yaitu tata cara bernegara. Oleh karena itu, legitimasi diberikan pemerintah menjadi tanda bukti bahwa KNPI yang sah ada pada Bung Ryano. Bukan hanya SK Kemenkumham, pemerintah juga memberikan Haki, artinya hak cipta merek logo adalah milik DPP KNPI M. Ryano Panjaitan,ā€ tegasnya.

Sehingga proses-proses konsolidasi organisasi yang mengatasnamakan KNPI di luar Ryano, maka itu ilegal. Ia mengaku, pihaknya tidak bicara soal persepsi, tetapi itu aturan main bernegara sehingga pihaknya melakukan konsolidasi persuasif untuk menyatukan KNPI.

Sementara itu, Ketua DPD KNPI Malut, Irman Saleh, menambahkan setelah Rapimpurda ini, akan dilanjutkan persiapan menjelang Musyawarah Daerah (Musda) VII KNPI Malut nanti. Karena itu, iamengimbau agar bakal calon Ketua KNPI Malut harus menunjukan identitas.

ā€œKNPI harus mengambil posisi kritis pemerintah, bukan mitra pemerintah. Pilihan itu apakah A atau B harus punya sikap, jangan abu-abu. Jika ketua terpilih baik politisi maupun lembaga vertikal, jangan bernegosiasi dengan siapapun kalau ada ancaman. Kita harus tetap solid meski ada KNPI versi lain di Maluku Utara, karena hubungan kita selalu baik dan tidak ada sekat-sekat,” tandasnya. (udi/ano/tan)

Respon (172)

  1. I really like your writing style, excellent info, appreciate it for putting up :D. “He wrapped himself in quotations- as a beggar would enfold himself in the purple of Emperors.” by Rudyard Kipling.

  2. hey there and thank you for your info ā€“ Iā€™ve definitely picked up anything new from right here. I did however expertise a few technical points using this website, since I experienced to reload the site many times previous to I could get it to load correctly. I had been wondering if your web host is OK? Not that I am complaining, but sluggish loading instances times will very frequently affect your placement in google and could damage your quality score if advertising and marketing with Adwords. Well I am adding this RSS to my email and can look out for a lot more of your respective fascinating content. Make sure you update this again very soon..

  3. After study a few of the blog posts on your website now, and I truly like your way of blogging. I bookmarked it to my bookmark website list and will be checking back soon. Pls check out my web site as well and let me know what you think.

Komentar ditutup.