DPRD Halut: Perusahaan Harus Memenuhi Hak Masyarakat Desa

  • Bagikan
Suasana rapat DPRD Halut bersama masa Gempur dan DLH Halut, Selasa (1/9). (Foto: Chido/penamalut.com)
banner 468x60

PENA – DPRD Halmahera Utara (Halut) menggelar rapat bersama gerakan mahasiswa peduli rakyat (Gempur) dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Halut, Selasa (1/9).

Rapat tersebut membahas produksi galian C PT Berinda Perkasa Jaya (BPJ) dan CV Stebers, yang masing-masing beroperasi di desa Bobisingo kecamatan Galela Utara dan desa Mamuya kecamatan Galela.

Dari hasil pantauan Penamalut.com,  suasana rapat yang berlangsung di ruang rapat Bangsaha, pihak Gempur mendesak DPRD untuk mencabut izin pertambangan dua perusahaan itu. Hanya saja kewenangan itu tidak lagi berada di pemkab. Sebab perubahan Undang-undang dari 32 ke undang-undang 23 soal pertambangan sudah ditangani oleh pemerintah provinsi.

Walau demikian, Gempur tetap meminta DPRD Halut untuk memberikan solusi terkait dengan produksi pertambangan dua perusahaan yang sudah merusak lingkungan tersebut.

Menanggapi pernyataan dari pihak Gempur, Wakil Ketua I DPRD Halut William Manery dalam rapat itu menyatakan jika masalah potensi desa, untuk transparansi sebaiknya diatur dalam peraturan desa. Dari situ, bisa diatur terkait kewajiban perusahaan yang telah mengambil sumber daya alam di desa harus bisa memenuhi hak-hak warga masyarakat.

“Sehingga setiap kali aktivitas perusahaan ada kompensasi ke desa,” ujar William.

Untuk CV Stebers, tambah William, harus melakukan kegiatan perbaikan atau normalisasi daerah aliran sungai (DAS) di desa Mamuya. Sementara Badan Perwakilan Desa (BPD), diharuskan melakukan fungsi kontrol terhadap aktivitas galian C yang dilakukan perusahaan.

“Perusahaan juga harus membayar pajak ke pemerintah desa,” tambah dia.

Menurutnya, hal ini bisa menjadi solusi sehingga tidak ada perusahaan yang disalahkan. Atas masalah ini, William berjanji jika dalam waktu dekat pihak DPRD akan turun dan meninjau aktivitas perusahaan di dua lokasi tersebut. (FN)

banner 1080x1080
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *