Mendagri Belum Teken SK Penjabat Dua Kepala Daerah di Malut

0
Kepala Bagian Otda Biro Pemerintahan Setda Malut, Taufiqurrahman Marasabessy. (Istimewa)

PENA – Sampai saat ini, surat keputusan (SK) pengusulan dua Penjabat kepala daerah di Provinsi Maluku Utara belum ditandatangani Menteri Dalam Negeri (Mendagri), M. Tito Karnavian.

Sehingga itu, pelantikan dua penjabat kepala daerah itu belum bisa dipastikan kapan pelaksanaannya. Padahal, saat ini dua daerah tersebut yakni Kota Ternate dan Kabupaten Halmahera Utara masih dijabat pelaksana harian (Plh) wali kota dan bupati yang diisi masing-masing sekretaris daerah setempat.

“Kita berharap secepatnya. Sebab Plh ini kewenangannya terbatas. Dia tidak bisa mengambil langkah-langkah yang sifatnya strategis,” kata Kepala Bagian Otonomi Daerah pada Biro Pemerintahan Setda Malut, Taufiqurahman Marasabessy, saat sitemui di ruang kerjanya, Selasa (9/3).

Hal ini, lanjut dia, ditakutkan jangan sampai terjadi masalah yang muncul di pemerintah, seperti persoalan penganggaran dan sebagainya. Dengan keterbatasan kewenaangan, maka idealnya harus ditunjuk penjabat sambil menunggu putusan Mahkamah Konstitusi terkait sengketa perselisihan hasil Pilkada di dua daerah itu.

Saat ini, kata dia, proses pengusulan penjabat itu sedang berjalan dan pihaknya tinggal menunggu Mendagri menandatangani SK tersebut. “Kita sudah berkomunikasi dengan Dirjen Otda. Kata beliau, tinggal tunggu Mendagri tandatangan saja. Kalau itu sudah ditandatangani, maka segera kita jadwalkan pelantikan. Kita berharap jangan terlalu,” jelasnya.

Sekadar diketahui, usulan penjabat kepala daerah di dua daerah itu telah diusulkan sejak Januari lalu. Untuk Kota Ternate terdapat nama Kepala Dinas ESDM Malut Hasyim Daeng Barang, Kepala Dinas PUPR Malut Santrani Abusama, dan Kepala Dinas Ketenegakerjaan Ridwan Hasan.

Sementara untuk Halut, terdapat nama Kepala Biro ULP Malut Saifuddin Juba, Kadis Kehutanan Malut Sukur Lila, dan Kepala Biro Organisasi Irwanto Ali. (ask)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here