Dispar Kota Ternate Bakal Tata Destinasi Tolire Kecil

  • Bagikan
Kawasan Tolire kecil. (Istimewa)

PENAMALUT.COM, TERNATE – Dinas Pariwisata Kota Ternate akan menata area parawisata Tolire kecil pada tahun ini.

“Tahun 2021 ini saya akan tata untuk bagaimana meningkatkan ekonomi para pelaku UMKM di setiap destinasi,” kata Kepala Dinas Pariwisata, Rizal Marsaoly kepada wartawan, Jumat (30/7).

Bukan saja Tolire kecil, Dispar juga akan menata tempat destinasi wisata lain seperti Sulamadaha dan sebagainya.

Untuk penataan Tolire kecil ini, kata Rizal, pihaknya akan membongkar lapak yang dianggap kumuh dan akan diubah strukturnya tanpa menghilangkan nilai estetika.

“Kita harus bongkar lapak-lapak itu, kemudian bangun baru dengan struktur yang berbeda namun tidak menghilangkan nilai estetiknya. Kita tetap menjaga keaslian ekosistem yang ada di sana,” jelasnya.

Rizal bilang, ini dilakukan agar memperbaiki tataran hidup pelaku UMKM di masa pandemi covid-19.

Pihaknya juga berencana membuat agrowisata, tepatnya di Kelurahan Loto, Kecamatan Ternate Barat. Tujuannya untuk memberdayakan para petani. Agrowisata ini didesain dengan tempat kunjungan masyarakat dengan model open space.

“Agrowisata ini juga akan ditanami sayur-sayuran, sehingga para pengunjung ketika memasuki kawasan tesebut ongkos tiketnya dipersenkan, termasuk hasil tanaman itu,” ujarnya.

Dari sekian banyak parawisata yang didesain merupakan program Ternate Andalan untuk menjawab permasalahan-permasalahan ekonomi, khususnya pelaku UMKM di masa pandemi covid ini.

“Ini termasuk lima program 100 hari kerja yang tertera dalam poin ke empat terkait pemulihan ekonomi,” jelasnya menutup. (ano/ask)

banner 680x680 banner 1280x473
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!