Jabat Plt Kepala Inspektorat Halsel, Soadri Tegaskan Tidak Suka Korupsi

  • Bagikan
Bupati Usman Sidik (kiri) berjabat tangan dengan Soadri Ingratubun (kanan) pada saat paripurna di DPRD Halsel belum lama ini. (Istimewa)

PENAMALUT.COM, LABUHA – Bupati Halmahera Selatan, Usman Sidik, menujuk Staf Ahli Bidang Pemerintahan Setda Halsel, Soadri Ingratubun sebagai Pelakaana Tugas (Plt) Kepala Inspektorat Halsel.

Penunjukan Soadri Ingratubun sebagai Plt Kepala Inspektorat ini tertuang dalam surat keputusan Bupati Nomor: 800/693/2021 yang ditetapkan sejak 4 Agustus kemarin.

Soadri ketika dikonfirmasi wartawan, Jumat (6/8) tadi, menyampaikan bahwa sudah menerima SK penunjukan Plt Kepala Inspektorat.

Menurutnya, sebagai ASN, ia tetap patuh terhadap perintah pimpinan.

“Kapan saja dipindahkan dan kapan saja diberhentikan, itu hak mutlak Bupati. Saya sebelumnya menjabat Staf Ahli di bagian pemerintahan, dan jika hari ini Bupati menunjuk saya sebagai Plt Kepala Inspektorat, saya kira itu adalah kewenangannya dan saya siap jalankan perintah itu,” ujarnya.

Hal pertama yang ia lakukan adalah melanjutkan apa yang saat ini telah dikerjakan. Apalagi saat ini tim Inspektorat sudah bergerak ke sejumlah OPD untuk melaksanakan tugas.

“Selanjutnya, jika ditanya saya punya konsep apa ke depannya untuk membenahi lembaga ini, saya tegaskan bahwa saya tidak suka itu korupsi,” tegasnya.

Menurutnya, tugas Inspektorat adalah sebagai pengawas internal pemerintah daerah sekaligus memberikan pembinaan kepada OPD. Jika ada OPD atau Kepala desa yang melakukan penyalahgunaan wewenang yang mengakibatkan kerugian negara, maka langkah yang diambil adalah melakukan pembinaan.

“Akan tetapi jika dibina terus dan tidak bisa berubah, maka tahap selanjutnya diproses ke tahap berikutnya, yaitu proses hukum. Inspektorat juga punya rasa jenuh, tidak selamanya memberikan toleransi,” tanda mantan Kadis Perhubungan Halsel itu.

Untuk itu, lanjutnya, dirinya akan berusaha dengan segala kemampuannya agar lembaga yang dipimpinnya itu mampu melakukan perubahan demi mewujudkan visi dan misi Bupati Usman Sidik dan Wakil Bupati Bassam Kasuba.

Penunjukan Soadri sebagai Plt Kepala Inspektorat ini disambut baik sejumlah pihak, salah satunya KNPI Halsel.

Melalui Ketua OKK KNPI, Raden Adam, menyampaikan apresiasinya. Namun ia berharap Inspektorat di bawah kepemimpinan Soadri bisa menyelesaikan persoalan menyangkut dengan dugaan penyalahgunaan anggaran di internal Pemda Halsel.

Raden bilang, saat ini banyak aduan yang masuk ke Inspektorat terkait permintaan audit dugaan penyalahgunaan baik anggaran desa maupun OPD di lingkup Pemda Halsel.

“Pak Soadri harus konsisten dan komitmen terhadap prinsip dan integritasnya. Kami berharap agar lembaga yang dipimpinnya ini bisa memberikan warna baru dalam proses penyelesaian setiap masalah yang diadukan masyarakat ke Inspektorat,” harapnya.

“Pak Soadri ini orang yang sudah lama berada di birokrasi, pernah menjadi Kadis Perhubungan, Kepala Kesbangpol dan terakhir sebagai Staf Ahli Bidang Pemerintahan. Tentu sudah tahu persis pengelolaan anggaran di internal Pemda Halsel. Kami minta harus berani dan tegas,” pungkas Raden. (rul/ask)

banner 680x680 banner 1280x473
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!