DPRD Halut Minta Bupati Evaluasi Kinerja OPD

Ketua Komisi I DPRD Halut, Irfan Soekoenay. (Istimewa)

PENANALUT.COM, TOBELO – DPRD Kabupaten Halmahera Utara meminta Bupati Halut agar mengevaouasi kinerja anak buahnya.

Ini menyusul sikap Kepala Dinas PTSP Halut, Mulan Ando yang dinilai arogan saat melakukan pelayanan terhadap masyarakat beberapa waktu lalu.

“Kadis PTSP ini perlu menjaga pola komunikasinya, sehingga tidak menimbulkan persoalan. Kepada Bupati agar mengevaluasi kinerja seluruh perangkat daerah, juga pembinaan etika dan pola komunikasi. Sehingga tingkat kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah daerah tetap ada,” ujar Irfan Soekonay kepada wartawan, Kamis (2/9).

Menurut politisi PKB ini, jika hal ini tidak dilakukan, maka persoalan seperti yang dilakukan Kadis PTSP akan terus terjadi dan pada akhirnya berimbas pada nama baik bupati dan akil bupati.

Ketua Komisi DPRD Halut ini menuturkan, dalam mengangkat seseorang untuk menjadi kepala dinas, sebaiknya melalui prosedur dan ketentuan yang telah diatur, seperti mengikuti asesmen kompetensi dan lain sebagainya.

Sebelumnya juga ia pernah mempertanyakan langsung kepada Kepala BKD, terkait pengangkatan pejabat eselon IV, III, dan II itu sudah melalui persetujuan dari Mendagri. Sebab aturannya jelas bahwa kepala daerah sebelum 6 bulan pasca pelantikan harus ada persetujuan Mendagri ketika mengangkat atau melantik seorang pejabat eselon IV, III, dan II.

“Ternyata informasi yang didapat oleh kepala kepegawaian, bahwa hanya pelantikan sekda definitif yang mendapat persetujuan dari Mendagari. Sementara yang lainnya belum ada persetujuan dari Mendagri,” ujarnya.

Ia berharap dalam roda berpemerintahan, harus mengedepankan norma-norma hukum.

“Tidak boleh mengabaikannya,” harapnya menutup. (fnc/ask)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.