Pengecer BBM di Halbar Harus Punya SIUP

  • Bagikan
SPBU Jailolo, Halmahera Barat. (Haryadi/Penamalut)

PENAMALUT.COM, JAILOLO – Pengecer Bahan Bakar Minyak (BBM) di Halmahera Barat yang mengambil BBM di SPBU Jailolo harus memiliki Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) disertakan fotocopy KTP.

Kebijakan ini diterapkan setelah terjadinya kelangkaan BBM di Kota Jailolo beberapa hari terakhir ini. Selain itu, jatah SPBU Jailolo hanya 10 ribu liter per harinya.

Pengawas Lapangan SPBU Jailolo, Riswan saat ditemui wartawan mengaku, untuk seminggu belakangan ini SPBU tidak melayani pedagang eceran yang biasa mengantri dengan jerigen.

“Namun karena kebutuhan masyarakat untuk usaha, sehingga dari Disperindagkop dan Dinas Perhubungan datang ke SPBU untuk meminta agar dilayani juga pengecer,” ujarnya, Kamis (7/10).

Namun demikian, dengan catatan bahwa para pedagang harus miliki SIUP dan juga menunjukkan fotocopy KTP.

“Inipun masih dibatasi setiap pengecer hanya diberikan dua jerigen saja, mengingat keterbatasan stok,” katanya.

Selain itu, kata Riswan, SPBU juga hanya melayani pengecer untuk BBM jenis Pertamax. Sementara untuk Petralite hanya bagi pengendara.

“Stok Pertamax di SPBU itu ada 5 ribu liter, sehingga yang diberikan ke pengecer itu seribu liter saja,” tuturnya.

Riswan bilang, dalam kondisi normal, SPBU Jailolo memiliki ketersediaan BBM dalam sehari mencapai 30 ribu liter yang disuplai dari Pertamina Tobelo. Rinciannya 20 ribu liter untuk Pertamax, dan 10 ribu liter untuk Pertalite.

Namun sekarang kondisi keterbatasan stok, sehingga hanya disuplai 10 ribu liter, masing-masing Pertamax 5 ribu liter dan pertalite 5 ribu liter.

Sedangkan untuk BBM jemis Dexlite bagi kendaraan roda empat, hanya disuplai seminggu dua kali sebanyak 5 ribu liter.

“Jadi stok terbatas ini diakibatkan karena keterlambatan kapal tangker, hingga sampai saat ini kapal tangker pengangkut BBM belum masuk Tobelo,” pungkasnya.

Diakuinya, SPBU Jailolo hanya melayani dari pagi hingga siang saja, karena ketersediaan BBM hanya 10 ribu liter.

Ia juga menyebut harga Pertalite di SPBU Rp 7.850 perliter, Pertamax Rp 9.200 Perliter, dan untuk Dexlite perliter Rp 9.700. (adi/ask)

banner 1280x960
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!