42 Napi dan Tahanan Perempuan Dipindahkan ke Lapas Baru

Kepala LPP Kelas II Ternate, Nona Ahmad. (Aksal/NMG)

PENAMALUT.COM, TERNATE – Sebanyak 42 tahanan dan narapina pada Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP) Kelas III Ternate resmi dipindahkan ke Lapas baru yang beralamat di Kelurahan Kastela, Kecamatan Pulau Ternate, Provinsi Maluku Utara (Malut).

Kepala LPP Kelas II Ternate, Nona Ahmad saat ditemuai di ruang kerjanya menyatakan, tepatnya hari ini Jumat (8/10), LPP melakukan pemindahan tahanan dan narapidana ke tempat yang baru yang diberi istilah Lapankastel.

“Alhamdulillah pemindahan hari ini sampai selesai berjalan aman dan lancar,” aku Nona.

Dari jumlah 42 tahanan maupun Napi, jenis kasus lebih dominan adalah Narkotika dengan 14 perkara. Untuk perkara penggelapan hanya 1 atau 2 saja.

“Sisanya perkara tindak pidana umum,” ujarnya.

Saat ini Lapas Perempuan yang baru memiliki 3 barak, yakni maksimum, medium dan minimum. Namun yang tersedia barak maksimum dan medium.

Pihaknya juga belum melakukan penempatan kamar, dan akan lebih dulu dilakukan asesmen oleh Balai Pemasyarakatan (Bapas). Tetapi untuk penempatan kamar akan disesuaikam dengan jumlah kamar yang ada.

“Karena Lapas ini kamarnya banyak untuk diantisipasi jangan sampai terjadi kerusakan akan dibagi bervariasi dari satu kamar 5 orang yang seharusnya kapasitasnya 15 dan 10 orang. Kami sudah minta dari Bapas untuk melakukan asesmen penempatan kamar napi sesuai dengan jenis hukuman yang divonis oleh pengadilan,” tuturnya.

Nona menambahkan, kapasitas untuk Lapas Perempuan sekitar 200 orang lebih, namun saat ini tahanan dan Napi hanya diisi 42 orang. Tentu masih banyak barak yang kosong.

“Ini artinya dari jumlah yang ada, tingkat kejahatan khususnya perempuan menurun,” tukasnya.

Terpisah, Kepala Bidang Pembinaan Kemenkumham Malut Jumadi mengatakan, terkait dengan pemindahan ini merupakan ketentuan pemenuhan hak-hak tahanan dan Napi perempuan agar tidak lagi bercampur dengan tahanan maupun napi anak-anak.

“Yang jelas di setiap provinsi memiliki lapas perempuan itu wajib ditempatkan di lapas perempuan. Alhamdulillah kita di Maluku Utara sudah ada Lapas perempuan, hari ini sesuai dengan rencana sudah masuk di tempat yang baru,” tandasnya. (gon/ask)

Respon (5)

  1. Write more, thats all I have to say. Literally, it seems as though you relied on the video to make your point. You definitely know what youre talking about, why throw away your intelligence on just posting videos to your weblog when you could be giving us something informative to read?

  2. F*ckinā€™ remarkable things here. Iā€™m very happy to see your post. Thank you a lot and i’m having a look ahead to contact you. Will you please drop me a mail?

  3. Hello there! I know this is kinda off topic however , I’d figured I’d ask. Would you be interested in exchanging links or maybe guest writing a blog article or vice-versa? My blog discusses a lot of the same topics as yours and I believe we could greatly benefit from each other. If you’re interested feel free to shoot me an email. I look forward to hearing from you! Wonderful blog by the way!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *