Wagub soal Ganti Nama Malut: Percuma Ganti Kapal, Kalau Kaptennya Begitu-begitu Saja

Mantan Wakil Gubernur Maluku Utara, M. Al Yasin Ali. (Istimewa)

PENAMALUT.COM, TERNATE – Wacana pergantian nama Provinsi Maluku Utara yang didengungkan Forum Akademisi Pemerhati Maluku Utara (FAPMU) ikut ditanggapi Wakil Gubernur Maluku Utara, M. Al. Yasin Ali.

Menurutnya, nomenklatur Provinsi Maluku Utara yang digagas FAPMU itu tidak perlu diganti. Pasalnya, maju atau mundurnya sebuah daerah tergantung pemimpin. Ia mengibaratkan sebuah provinsi itu adalah kapal, maka pemimpin sebagai kaptennya. Sehingga kapal tersebut mau diganti dengan model seperti apapun tetap tidak akan mengalami perubahan.

“Jadi kalau kapal itu mau diganti kapal Lambelu atau kapal apa saja, kalau kaptennya begitu-begitu saja, ya percuma ganti kapal. Jadi kalau mau ada perubahan, maka kapal dan kapten harus selaras. Karena kapal ini mau tabrak karang atau mau berlabuh di tengah laut pun semua tergantung kapten,” ujar Wagub kepada wartawan, Sabtu (4/6).

Mantan Bupati Halmahera Tengah dua periode itu menegaskan kepada FAPMU untuk tidak terlalu berpikir hal-hal yang tidak mendasar.

“Mau diganti nama apa lagi. Saya tegaskan, nama Maluku Utara tidak perlu diganti lagi. Kapal ini mau ganti neraka atau surga, tapi kalau kaptennya begitu-begitu saja, tentu daerah ini tidak akan mengalami perubahan,” tegasnya.

Ia bilang, persoalan pergantian nama Maluku Utara sangat tidak urgen. Sebab lemahnya suatu pembangunan di Maluku Utara ini terletak pada kemampuan pemimpin. Olehnya itu, ia kembali mewanti-wanti agar ide perubahan nama itu dibatalkan atau bila perlu jangan diteruskan.

Ia pun mengimbau kepada semua pihak agar jangan terlalu fokus dengan ide pergantian nama Maluku Utara, namun hal yang paling urgen adalah fokus pada figur Gubernur Maluku Utara yang bakal diusung 2024 nanti.

“Kita fokus cari sosok Gubernur Malut yang bagus-bagus yang bisa bangun daerah ini, karena setelah 22 tahun provinsi ini hanya begini-begini saja. Jadi intinya, pimpinannya yang harus diganti, biar Provinsi Maluku Utara ini jauh lebih berkembang sebagaimana daerah lain,” pungkasnya. (tan/ask)

Respon (14)

  1. Ping-balik: link dultogel
  2. Решил признаться в чувствах и подарил ей прекрасный букет от “Цветов.ру”. Эти цветы стали моими немыми словами любви. Рекомендую всем, кто хочет сделать важное признание – выбирайте “Цветов.ру” для ваших эмоциональных шедевров. Советую! Вот ссылка https://coredrillchina.ru/yola/ – цветы букет

  3. Ping-balik: get more
  4. I like the helpful info you provide in your articles. I’ll bookmark your blog and check again here regularly. I’m quite sure I will learn many new stuff right here! Good luck for the next!

  5. Ping-balik: try this
  6. Ping-balik: use this link
  7. Wow that was odd. I just wrote an really long comment but after I clicked submit my comment didn’t appear. Grrrr… well I’m not writing all that over again. Anyway, just wanted to say wonderful blog!

Komentar ditutup.