DAERAH  

Dukung Pengendalian Dana CSR Lingkar Tambang untuk Pengembangan BUMDes

Sugandi Ramli

PENAMALUT.COM, TOBELO – LSM SR Faduli Hibualamo Kabupaten Halmahera Utara, mendukung penuh upaya pengendalian dana CSR di 83 desa wilayah lingkar tambang agar di-integrasi ke pengembangan badan usaha milik desa (BUMDes) bersama.

Ini disampaikan Ketua LSM SR Faduli Hibualamo, Sugandi Ramli, kepada Nuansa Media Grup (NMG), Senin (31/10).

Menurut dia, BUMDes kini telah memiliki payung hukum tersendiri yang diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 11 tahun 2021 tentang Badan Usaha Milik Desa. PP ini dikelaurkan berdasarkan ketentuan Pasal 117 dan Pasal 185 tentang Cipta Kerja.

Dengan adanya program PT. NHM yang dipelopori Presiden Direktur Haji Robert, kata dia, ini justru sangat baik dan layak untuk didukung. Sehingga itu, seharusnya masyarakat area lingkar tambang menyambut baik, karena dana yang begitu besar nantinya akan dikelola langsung oleh BUMDes atau BUMDes bersama.

”Sebagai lembaga yang baru, wajar jika BUMDes masih menghadapi banyak permasalahan. Menempatkan BUMDes di tempat yang ideal merupakan tantangan tersendiri bagi para pengelola dan pemerintah desa. oleh karena itu, sangat wajar jika diawal perintisannya banyak pengelola BUMDes dan pemerintah desa serta masyarakat yang khawatir dan tidak yakin capaiannya,” ujaranya.

“Sekarang tinggal bagaimana mengatur juknis tatacara pengelolaan dana PPM, sehingga bisa dipertanggungjawabkanjawabkan,” sambungnya.

Sugandi menuturkan, jika pengelolaan BUMDes ini berhasil berkembang, maka dengan sendirinya berdampak bagi masyarakat setempat. Sebab akan menambah pendapatan asli desa, sehingga desa tidak lagi bergantung kepada DD maupun lainnya.

”Karena desa sudah mandiri, sudah punya pendapatan sendiri. Jadi mari kita dukung bersama untuk kesejahteraan masyarakat desa,” imbuhnya. (fnc/ask)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *