DAERAH  

Pemkab Taliabu Bersama Perwakilan Kementerian Gelar BKB Mandiri di Desa Kramat

Suasana pelaksanaan bina keluarga balita mandiri. (Yasin/NMG)

PENAMALUT.COM, TALIABU – Pemerintah Kabupaten Pulau Taliabu, Provinsi Maluku Utara melaksanakan pembinaan dan diskusi layanan kelompok bina keluarga balita (BKB) mandiri, di Desa Kramat, Sabtu (5/11).

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Direktur BKB BKKBN Pusat, Tim Ditjen Bina Desa Kemendagri, Tim Kemendesa, Tim BKKBN Provinsi Maluku Utara, Wakil Ketua DPRD Pulau Taliabu, para pimpinan OPD, Ketua Tim Penggerak PKK, para Kepala Kantor Pemerintahan, para Kepala Desa dan Pengurus Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Pulau Taliabu.

Dalam sambutannya, Bupati Taliabu, Aliong Mus, menyampaikan bahwa untuk mewujudkan anak sejahtera, Pemkab Taliabu telah membuat kebijakan setiap anak yang lahir di Pulau Taliabu, diharapkan menjadi anak yang sehat, cerdas dan berkualitas.

“Melalui kebijakan ini, kami berupaya mensinergikan berbagai aspek, mulai dari upaya untuk mewujudkan kesehatan ibu hamil, pemberdayaan keluarga baik secara ekonomi maupun sosial, pendidikan anak dan menciptakan ketahanan pangan,” ucapnya.

Kata Aliong, dengan mengikuti BKB, setiap keluarga diharapkan mampu meningkatkan kemampuannya dalam membina anak balita, sehingga anak-anak dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal. Terlebih, dalam keseluruhan siklus hidup manusia, masa di bawah lima tahun (balita) disebut golden periode, yang merupakan periode paling kritis dalam menentukan kualitas anak karena saat itulah proses tumbuh kembang berlangsung sangat cepat.

“Pengembangan BKB di Taliabu merupakan salah satu bagian dari program untuk mewujudkan Kabupaten Pulau Taliabu menuju Kabupaten Layak Anak,” tuturnya.

Karena itu, ia mengajak seluruh masyarakat agar memberikan kesempatan bagi anak untuk dapat hidup, tumbuh, berkembang dan berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi sesuai yang diamanatkan UU RI Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

“Saya atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Pulau Taliabu mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh pihak yang telah memungkinkan terlaksananya kegiatan ini,” tutupnya. (ysn/tan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *